Negeri bernama Indonesia yang kita cintai, saat ini berada di tepi jurang kehancuran. Musibah dan bencana datang silih berganti. Jika mengacu kepada penjelasan Allah Subhaanahu Wata’ala dalam surat Al-Isra ayat 58, sangat boleh jadi hal itu disebabkan karena kemunkaran dan kemaksiatan yang terjadi di negeri ini bukan hanya sebatas tumbuh dan berkembang, tetapi juga ditumbuhkan dan dikembangkan.

Melihat fenomena tersebut hendaklah ada sebuah gerakan penyelamatan dari kehancuran itu, seperti yang digambarkan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 103. Dan sepanjang sejarah gerakan penyelamatan yang pernah berhasil menyelamatkan manusia dari kehancuran adalah gerakan da’wah. Karena itu, Dewan Da’wah mencanangkan gerakan “Selamatkan Indonesia dengan Da’wah”.

Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir berusaha memberikan solusi atas kondisi di atas dengan menyiapkan kader-kader calon penerus Risalah untuk kemudian menyebar ke berbagai wilayah Indonesia.Diantara praktek da’wah di wilayah pedalaman yang dilakukan oleh mahasiswa STID Mohammad Natsir adalah di Pulau Mentawai, Sambas, Nias, Bali, Lombok, Kepri, Halmahera, Maluku, Manado, Raja Ampat Papua, dan lain-lain. Sampai dengan saat ini alumni STID Mohammad Natsir yang berasal dari provinsi-provinsi seluruh Indonesia telah turut berkiprah membangun ummat dan bangsa dengan berbagai aktifitasnya.

Visi

“Menjadi Pusat Studi Ilmu Da’wah dan Pengkaderan Du’at yang Meneladani Rasul dan Para Sahabat Serta Mampu Menjawab Tantangan Zaman”.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan S1 bidang da’wah yang berkonsentrasi pada aspek penyiaran Islam, jurnalistik Islam, dan pengembangan masyarakat Islam berbasis Islam.

Menyelenggarakan penelitian da’wah yang berorientasi pada upaya pemecahan problematika da’wah.

Menyelenggarakan program pengabdian da’wah kepada masyarakat secara periodik dan terencana menuju pengembangan masyarakat Islam

Melaksanakan tata kelola kampus da’wah dengan mengembangkan tradisi dan budaya kampus yang Islami menuju terwujudnya moto “Kampusku adalah Da’wahku”.

Tujuan Pendidikan

Melahirkan da’i yang memiliki kualifikasi

Memiliki keyakinan yang dapat melahirkan keikhlasan dan memiliki keikhlasan yang dapat melahirkan sikap istiqamah dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan di medan dakwah.

Memahami dan mengamalkan syari’ah islamiyah sebagaimana rasulullah dan para sahabat memahami dan mengamalkannya, sehingga mampu mewujudkan Islam yang rahmatan lil ‘âlamîn.

Memiliki semangat yang tinggi untuk mendakwahkan Islam, bagi lahirnya ummat yang ta’at dan istiqamah.

Memiliki semangat yang tinggi dalam membela Islam dan kaum muslimin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*