Mahasiswa Latih Skill Berbahasa Arab dengan Mengikuti Lailatul ‘Arabiyah

STIDNATSIR.AC.ID — Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir terus berupaya meningkatkan skill dan memupuk semangat berbahasa Arab mahasiswanya, salah satunya melalui acara Lailatul ‘Arabiyah.

Acara yang diselenggarakan oleh bidang bahasa STID Mohammad Natsir ini bertempat di Masjid Al-bahr dan dihadiri oleh mudir pesantren mahasiswa, Ustadz Imam Taufik Al-Khattab, juga para pimpinan, dosen, dan asatizd, beserta seluruh mahasiswa asrama STID Mohammad Natsir, Rabu (27/12/17).

Ketua bidang bahasa STID Mohammad Natsir, Ustadz Arif Abdurrahman mengatakan, tujuan diadakan acara tersebut untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi ujian akhir semester dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

“Sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal yang disajikan. Hasilnya akan menunjukkan sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester nanti,” ujarnya

Dengan demikian, tambahnya, mahasiswa lebih terfokus pada pelajaran-pelajaran tertentu. Jika hasil yang diperoleh mahasiswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal tersebut karena sejatinya soal yang dikerjakan mahasiswa malam ini kami buat tidak jauh berbeda dengan soal yang akan dihadapinya ketika UAS nanti.

Selain itu, Ustadz yang juga mudir pesantren mahasiswi ini berharap, dengan suasana tempat ujian di masjid dapat menjadi momentum pererat silaturohim antara mahasiswa dengan para dosen dan staf STID Mohammad Natsir.

Pada acara tersebut, semua materi bahasa Arab diujikan dan diserahkan kepada mahasiswa, meski ini belum ujian akhir semester yang sesungguhnya, namun mahasiswa nampak serius menjawab soal-soal yang diujikan. Setelah selesai mengerjakan soal, kemudian para dosen membahas soal-soal tersebut guna untuk perbaikan.

“Acara ini membantu saya memahami materi-materi bahasa arab yang selama ini membingungkan saya, insyaa Allah ini dapat mengasah kemampuan saya sebelum menghadapi ujian akhir semester, ” tutur Fitrianto, salah seorang mahasiswa semester 3 pindahan.

Kurang lebih pada pukul 23.00 WIB acara selesai, kemudian para mahasiswa kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat agar esok hari dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik. []

Penulis: Alfian

Editor: Saeful R.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*