Inilah Lima Langkah Menghafal Al-Qur’an 10 Menit Per Halaman

STIDNATSIR.AC.ID — Dalam rangka meningkatkan semangat mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir melalui bidang tahfizd  menyelenggarakan acara pelatihan menghafal Al-Qur’an, Rabu, (21/02/2018).

Pelatihan yang bertajuk, “Metode Menghafal al-Qur’an 10 Menit Perhalaman” ini bertempat di aula lantai 3 kampus B STID Mohammad Natsir Bekasi dan diikuti oleh seluruh mahasiswa asrama STID Mohammad Natsir.

Hadir sebagai nara sumber pada acara tersebut yang juga telah berhasil menghafal al-Qur’an dalam usia 17 tahun, yaitu Ustadz Ahmad Jaaze Elraaze.

Sebelum acara pelatihan dimulai, acara diawali dengan kata sambutan dari ketua bidang kemahasiswaan, Ustazd Imam Taufik Al-Khattab. Menurutnya acara pelatihan ini sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh seorang trainer berpengalaman dan telah berhasil menulis buku tentang metode menghafal al-Qur’an.

“Hari ini kita kedatangan tamu yang istimewa, seorang yang telah menciptakan metode baru dalan menghafal al-Qur’an,” ujar Ustadz Imam Al-Khattab di hadapan ratusan mahasiswa.

Beliau juga berharap mahasiswa dapat mengikuti acara ini dengan baik dan ilmunya dapat di aplikasikan dengan sebaik mungkin.

Sementara itu Ustadz Ahmad Jaaze Elraaze dalam materinya menyampaikan, diantara metode mengahfal 10 menit perhalaman ialah diawali dengan persiapan mental dengan cara menghapus semua doktrin negatif tentang menghafal itu sulit.

Yang kedua dengan membayangkan isi hafalan dan tidak  bergantung kepada mushaf. Ketiga  mengadakan pemanasan otak dengan cara duduk yang  nyaman lalu membaca apa saja yang sudah dihafal selama 5 sampai 6 menit.

Langkah Keempat hendaknya menjaga fokus dengan cara memegang  mushaf lalu memposisikannya  tepat sejajar dan di  depan wajah kemudian diiringi dengan menghadirkan perasaan dan pikiran  dalam mengahafal al-Qur’an.

Yang kelima adalah tehnik pernapasan ketika menghafal, yaitu dengan cara menarik nafas secara  dalam melalui hidung dan dikeluarkan bersamaan dengan ayat yang dibaca.

Para mahasiswa nampak antusias mengikuti acara tersebut, dan Alhamdulillah ketika mengadakan praktek, beberapa mahasiswa sukses menghafal sepuluh menit per halaman. []

Penulis: Rizki Fadhillah

Editor: Alfian Muttakin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*