Bangkitkan Semangat Interaksi Mahasisiwi dengan Al-Qur’an, Bidang Tahfizh Adakan Dauroh Qur’an

STIDNATSIR.AC.ID – Dauroh Al-Qur’an dengan tema ”Indahnya Hidup Bersama Al-Qur’an” kembali diselenggarakan oleh Bidang Tahfidz Kampus Akhwat STID M Natsir di Aula Sakinah, Kompleks Muslimat Center, Cipayung, Jakarta Timur, (03/03). Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB.

Ustadz Abu Nahla Assundawy, musyrif (pembimbing) Rumah Qur’an Mulia di Kuningan, Jawa Barat dan Rumah Qur’an Bani Nuryayi, Bogor, hadir sebagai pembicara dalam acara ini. Dauroh ini bertujuan untuk mengajak seluruh Mahasiswi agar lebih baik dan semakin giat ketika berinteraksi bersama Al-Qur’an, khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dauroh Al-Qur’an ini adalah dauroh perdana pada tahun 2019 khususnya di semester genap ini.

Acara diawali dengan pemutaran video dokumentasi Tahfidz Camp ke-V, dan sambutan yang disampaikan oleh Mudir PESMI STID Mohammad Natsir, Ustadz Abdurrahman Fadhli, Lc, M.Hum.

Mahasiswi tengah menyimak pemaparan pemateri

Baca juga: Bidang Tahfizh Mahasiswi Gelar Penutupan Tahfizh Camp V

Beliau memaparkan beberapa pesan untuk seluruh mahasiswi PESMI STID Mohammad Natsir, “Ruhiyah kita perlu disiram, adakalanya perlu diisi , karena tak selamanya iman seseorang itu naik, tapi perlu diketahui kadang ia turun dengan sendirinya. Maka banyak cara untuk meningkatkan keimanan kita dengan beramal shaleh, yaitu bagaimana cara kita berinteraksi baik terhadap Al-Qur’an agar melahirkan kebaikan-kebaikan kita pada masa lalu. Luruskan niat, perbanyak istighfar ketika mendengar petuah-petuah baik ini. Jadilah pendengar yang baik yang memiliki perhatian secara total dalam mendengar taujihah Al-Qur’an ini,” ujar Ustadz Arif dengan tegas.

Acara Dauroh ini dihadiri oleh mahasiswi semester 2, 4 dan semester 6 pindahan. Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar, para peserta mulai khusyuk dan antusias dalam mendengar, menyimak, maupun mencatat setiap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Pemateri menyampaikan beberapa poin penting dari moqoddimah “mengapa orang yang senantiasa bersama Al-Qur’an itu bisa merasa indah dan sukses di kehidupan ini”, beliau menjelaskan dengan nada yang sangat santai, detail dalam memaparkan dalil dari Al-Qur’an maupun As-Sunnah,  hingga membuat para peserta dengan mudah memahami maupun mendalami setiap materi yang disampaikannya langsung.

Penyerahan cinderamata oleh Kepala PESMI kepada Pemateri

Pemateri juga menyampaikan betapa pentingnya kehidupan kita disibukkan dengan membaca Al-Qur’an apalagi sampai menghafalnya hingga seseorang itu menjadi Ahlul Al-Qur’an -keluarganya Allah- . Terakhir, pemateri memaparkan dan menjelaskan kiat-kiat dalam menghafal Al-Qur’an ataupun tips untuk tilawah Al-Qur’an perhari.

Acara berakhir pada pukul 14.00 WIB dengan penyerahan cinderamata oleh Mudir PESMI STID M Natsir kepada pemateri. []

Reporter: Miftahul Jannah

Editor: Faris Rasyid

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*