Tingkatkan Minat Baca dan Tulis Mahasiswa, Kompus Gelar Seminar Literasi

STIDNATSIR.AC.ID – Bertempat di dalam Perpustakaan Kampus Putra STID M Natsir. Rabu (25/12/19). Ustadz Imam Taufik Alkhotob, M.Pd.I, Dosen STID M Natsir memberikan seminar literasi untuk meningkatkan minat baca dan tulis mahasiswa , dalam acara yang diadakan oleh Komunitas Perpustakaan (KOMPUS).

Kepala Perpustakaan STID M Natsir, Ustadz Lukman Masa, M.Pd.I menyatakan dalam sambutannya, seminar literasi ini bertujuan untuk memacu semangat minat baca dan menulis mahasiswa serta mengembangkannya, juga meningkatkan nilai akademik Mahasiswa dan Kampus STID M Natsir.

Kepala Perpustakaan STID M Natsir, Ustadz Lukman Masa, M.Pd.I saat menyampaikan sambutannya

Ustadz Imam Taufik menyampaikan, mahasiswa harus tetap dan selalu membaca, “Kita harus kembali dan mengenal Para ulama di zaman dahulu, seperti Imam Asyuyuti beliau memiliki banyak sekali karya tulis dan menghafalkanya. Jika kita mengenal zaman dahulu di Indonesia maka kita akan mengenal Praliteral, dimana di zaman itu orang-orang hindu hanya memiliki kitab dan hanya di pegang oleh para rohibnya dan tidak boleh di pegang oleh yang lain.” ujarnya.

“Setelah Islam masuk maka para ulama atau orang-orang yang membawa islam membawa berbagai ilmu dan ketika itu mulailah islam menyebar, tetapi terjadi penjajahan oleh Belanda, sambil merusak islam di dalam. Maka ada isltilah lompatan Budaya dari Praliteral, literasi hingga Pascaliteral. Dimana pasca ini banyak sekali alat-alat literasi dan berkembangnya Teknologi.” imbuhnya.

Nop World Culture Score Index 2016 melakukan penelitian bahwa di Negara India minat baca di sana adalah selama  10:42 menit. Dalam hasil survey yang dilakukan di tahun 2016, Singapura adalah negara terbaik Membaca dan Matematika. Kemudian, penelitian Dr. Raghib As Sirjani, jepang membaca 40 buku, Eropa 10 buku dan Arab 10 halaman. Dari penelitian ini, Indonesia tergolong urutan terendah dari seluruh Negara di Dunia. Maka bisa dipahami bagaimana kondisi Negara kita ini karena penduduk Indonesia sangat sedikit sekali minat baca dan menulisnya.

Ustadz Imam Taufik Alkhotob, M.Pd.I saat menyampaikan materinya

Membaca merupakan perintah Allah. Dalam Al-Qur’an surat Al Alaq ayat 1-5 Allah memerintahkan untuk membaca. Perintah pertama dalam Islam. Penulis buku Quadntum Learning, Bobbi Deporter Dan Mike Hernacki mengatakan bahwa manusia sebanarnya diberikan kemampuan yang sama dalam fungsi otak. Bahkan ilmuwan Tony Buzan mengatakan, otak manusia selama ini baru temanfaatkan sebanyak 1% dari 100% kemampuan yang ada.

Baca juga : Selami Dakwah Digital, Mahasiswi Ikuti Seminar Pelatihan Videografi

Ustadz Imam juga mengatakan, kemampuan membaca bisa ditinjau dari Minat baca (Reading interes), Kebiasaan Membaca (Reading habit), dan Kemampuan membaca (Reading ability). Ini adalah tahap di dalam proses agar seseorang memiliki kemampuan Membaca. [Trio Satria]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*