Lintasi Medan Curam, DEMA Akhwat Distribusikan Donasi kepada Korban Longsor Bogor

STIDNATSIR.AC.ID – Dema Akhwat STID Mohammad Natsir bersama Muslimat Center dan Syabab Masjid Nourah Abdurrahman kembali melakukan pendistribusian barang donasi ke lokasi longsor yang berada di desa Nanggung, Kabupaten Bogor, Ahad (12/01/20).

Wilayah ini merupakan daerah yang terdampak cukup parah akibat dari longsor. Diperkirakan ada beberapa desa yang  terkena dampak longsor tersebut. Posisi dari desa Nanggung sendiri dikelilingi oleh pegunungan, yang kemungkinan bisa terjadi longsor.

Selama perjalanan menuju ke lokasi bencana longsor, para relawan mengalami sebuah kejadian di luar dugaan. Medan tempur yang sangat terjal dan curam menyebabkan salah satu mobil yang membawa muatan bahan logistik mengalami ambles di desa Nanggung tersebut. Perlu waktu kurang lebih satu jam untuk melakukan proses evakuasi mobil yang memuat bahan logistik.

DEMA Akhwat saat membagikan bantuan kepada korban longsor

Dengan segala upaya dan bantuan dari para warga, mobil yang memuat bahan logistik didorong agar sampai ke permukaan jalan yang layak. Alhasil mobil pun tidak berpindah tempat dan tetap pada posisi tersebut. Setelah para relawan mencari sebuah bantuan, akhirnya mobil Jeep khusus untuk pendakian di atas bukit membantu mobil para relawan DEMA Akhwat STID Mohammad Natsir dan Syabab Nourah Abdurrahman. Bantuan logistik pun sampai ke lokasi pengungsian korban bencana longsor.

Menurut penjelasan dari salah seorang berinisial H, warga di desa tersebut, Longsor terjadi pada tanggal 1 Januari di malam hari. Ia menjelaskan, bahwa ini adalah longsor pertama kali yang ia alami, “sebelumnya ga pernah terjadi walaupun hujan 3 hari 3 malam” ujar nya dengan menggunakan logat Sunda. Ia bersama dengan para pengungsi lainnya sudah berada di posko pengungsi kurang lebih selama 7 hari. Tenda pengungsian baru berdiri ketika 3 hari sejak kejadian longsor.

Tim syabab Masjid Nourah Abdurrahman

Sebelum mereka mendapatkan tenda pengungsian, para korban mengungsi ke sekolah terdekat yang mereka anggap aman untuk sementara walaupun kondisi bangunan sekolah tersebut dalam keadaan retak. Mereka pun mengungkapkan bahwa bantuan logistik yang datang ke mereka cukup terjangkau oleh mereka. Mengingat banyak relawan yang terjun untuk memberikan bantuannya kepada para korban longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun tidak bisa diprediksi apakah longsor akan terjadi kembali atau tidak, mengingat cuaca saat ini masih belum stabil

Sebelumnya pada Kamis (2/1/20),  DEMA Akhwat STID Mohammad Natsir bekerja sama dengan Muslimat Center Dewan Dakwah & Masjid Nourah Abdurrahman melakukan penggalangan dana dan aksi cepat tanggap kepada para korban banjir Jabodetabek.

Penggalangan dana dimulai dengan turunnya para pengurus dan anggota DEMA Akhwat STID Mohammad Natsir ke beberapa jalanan di sekitar Cipayung. Jumlah dari penggalangan dana yang dilakukan tergolong sangat banyak. [DEMA]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*