STID Mohammad Natsir Hadiri Multaqa Dakwah Nusantara di Malaysia

STIDNATSIR.AC.ID – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia menghadiri Multaqa Dakwah Nusantara di Bangi Selangor Malaysia. Dalam rombongan Dewan Da’wah ikut serta Dr. Mohammad Noer (Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah), Dr. Ahmad Zain Annajah (Ketua Majlis Fatwa Dewan Da’wah), Dr. Ahmad Misbahul Anam (Ketua Bidang Da’wah Dewan Da’wah) dan Dr. Dwi Budiman Assiroji (Ketua STID Mohammad Natsir). Acara yang digelar oleh Pertumbuhan Muktamar Dakwah Malaysia (MDM) pada Sabtu, (15/02/20) ini mengambil tema “Mengembalikan Kegemilangan Dakwah Nusantara”. Diikuti oleh 200 orang peserta dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam.

Acara ini dibuka oleh Dato’ Seri Tuan Guru Haji Abdul Hadi Awang, Ketua Partai Islam Se-Malaysia (PAS) dan Ahli Parlemen Marang Terengganu. Dalam sambutannya Tuan Guru Haji Abdul Hadi Awang menjelaskan bahwa Islam dapat terus hidup karena Allah SWT senantiasa mengutus Rasul untuk menyebarkan ajaran Islam kepada manusia. Terakhir Allah SWT mengutus Rasulullah Saw sebagai rasul terakhir kepada seluruh manusia. Setelah Rasulullah wafat tugas menyebarkan ajaran Islam itu kemudian dilanjutkan oleh para da’i dengan gerakan da’wahnya.

Dalam menyebarkan ajaran Islam itu, para da’i harus senantiasa memperhatikan metode yang digunakan. Jangan sampai karena metode yang digunakan keliru sehingga membuat gerakan Da’wah menjadi tidak disukai. Padahal ketika Islam masuk ke Nusantara, para da’i yang membawanya menggunakan metode yang sangat santun, tanpa sedikitpun melalui peperangan. Sementara hasilnya adalah hampir seluruh Nusantara menjadi kawasan muslim.

Dato’ Seri Tuan Guru Haji Abdul Hadi Awang membuka acara Multaqa Dakwah Nusantara

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan pembicara dari berbagai negara. Diantaranya Ustadz Abdul Hadi Damanik dari AFKN-Indonesia, Dr. Ann Wan Seng dari Malaysia, Shaik Hussin bin Shaik Yaacob dari Singapura dan Dr. Noordin Abdullah Dagorha dari Pattani Thailand.

Berita Terkait : Ketua STID Mohammad Natsir Hadiri Regional Conference Tentang Budaya Damai di Malaysia

Diakhir acara disusun beberapa rekomendasi sebagai hasil dari diskusi para peserta. Diantaranya disepakati dibentuknya panitia tetap Multaqa Dakwah Nusantara dengan Ustadz Misbahul Munir dari Malaysia sebagai Ketua dan perwakilan dari setiap wilayah di Nusantara sebagai anggota. Dengan terbentuknya panitia tetap ini, Multaqa diharapkan dapat dilangsungkan setiap tahun, sehingga koordinasi antara gerakan Da’wah di Nusantara dapat terjalin semakin erat. [AZ]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*