Dosen Ikuti Pelatihan Pengelolaan Jurnal ilmiah Elektronik

STIDNATSIR.AC.ID – Dosen STID Mohammad Natsir mengikuti Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik pada Kamis (16/4/20) yang dipandu oleh Praktisi Maintenance Jurnal Daring, Ishlah di Kampus Putra STID Mohammad Natsir Tambun.

Pelatihan ini diikuti oleh para dosen tetap untuk mengetahui pengelolaan Jurnal Ilmiah yang kini harus terindeks secara daring, salah dua yang disosialisasikan kepada para dosen adalah cara submit (pengajuan) dari penulis ke jurnal dan cara membuat akun sebagai Perguruan yang author (penulis) sehinga para dosen mampu mensubmit (mengajukan) jurnalnya secara langsung ke jurnal daringnya.

Akibat semakin maraknya pandemi virus covid-19, sebagian dosen berhalangan menghadiri pelatihan. Adapun para peserta pelatihan berupaya menerapkan physical distancing dengan membuat jarak dan menggunakan masker sesuai protokol Kemenkes RI dan Surat Arahan Kopertais.

Saat ini, salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut. Kinerja dosen yang selanjutnya menjadi kinerja jurusan, fakultas dan perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitasnya publikasi para dosen tetapnya.

Tuntutan publikasi yang dilakukan komunitas akademik Perguruan Tinggi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesadaran para dosen pentingnya melakukan kajian, penelitian serta menulis karya ilmiah.

Penulisan jurnal ilmiah tak hanya sebagai berdampak pada surplus publikasi ilmiah suatu institusi namun dapat meningkatkan akreditas Perguruan Tinggi, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen, juga dapat mengembangkan hasil riset tersebut sebagai materi pengajaran yang selalu update dan dikembangkan sesuai perkembangan keilmuan dan praktek.

Dengan pengindeksan Jurnal Ilmiah Dosen secara online, diharapkan tidak hanya menjadi aset terbatas yang hanya dapat diakses oleh para akademisi, namun hasil penelitian ini juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat non akademik secara menyeluruh. [FR]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*