Agar Diam di Rumah Jadi Bermanfaat

Oleh : Yusi

Bulan Ramadhan sudah menginjak hari ke-14, namun sebagaimana yang kita tahu pandemi COVID-19 belum juga mereda. Di Indonesia sendiri, kasusnya telah mencapai dua belas ribu orang lebih. Hal tersebut tentunya membuat kita terpaksa berdiam diri di rumah lebih panjang lagi bukan?

Sebagai seorang yang sudah terbiasa beraktivitas di luar rumah, tentunya berdiam diri di rumah merupakan hal yang membosankan, namun tenang saja, ada banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan selama masa #stayathome ini.
Yuk simak ulasan berikut agar kegiatan kita di rumah tidak sia-sia.

1. Gunakan waktu mu untuk membaca/menghafal Al-Qur’an.

Terbayang, bila selama kita di rumah kita hanya rebahan dan main hp. Bukannya menjadi sehat, justru kita malah menjadi sakit gara-gara kebanyakan rebahan. Hal yang bisa kita lakukan adalah menghafal Al-Qur’an, selain bisa menyingkirkan semua rasa bosan, menghafal Al-Qur’an juga tentunya bisa menambah pahala. Bayangkan, bila sehari kita menghafal 2 ayat saja, selama seminggu kita sudah bisa menghafal 14 ayat, lalu selama sebulan kita bisa menghafal 50 ayat lebih.

2. Membaca Buku

Buku adalah lautan ilmu. Berdiam diri di rumah selama masa pandemi bukan berarti ilmu kita tidak bertambah loh! Jika selama ini kita tidak bisa membaca buku dengan alasan sibuk dengan pekerjaan atau tugas, nah waktu di rumah ini bisa kita manfaatkan untuk melahap buku-buku favoritmu. Jika memang tidak ada buku yang tersedia, kita bisa mencarinya di situs Google books ataupun situs lainnya.

3. Belajar Memasak

Bagi seorang wanita utamanya, memasak bukan lagi menjadi sebuah tuntutan, akan tetapi seorang mampu menjadikan nya sebagai hobi. Selama kita di rumah bisa dimanfaatkan untuk belajar masak. Apalagi yang belum nikah, bisa menjadi bekal untuk masa depan nanti loh!

4. Ikut Kuliah Online

Berdiam diri di rumah tentu bukan berarti ilmu kita tidak berkembang bukan? Terbayang sudah, bila kita menghabiskan waktu kita hanya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Nah, ikut kuliah online ini dijamin bisa menambah wawasannya kamu. Bagi seorang siswa / mahasiswa mungkin kuliah online ini merupakan kewajiban, namun hal ini bukan berarti yang tidak sedang menempuh pendidikan tidak bisa ikut kuliah online loh. Kuliah online sekarang ini sangat mudah didapatkan, baik melalui grup WhatsApp maupun aplikasi lainnya.

5. Nonton kajian-kajian keislaman di saluran YouTube/Instagram

Hati ini butuh kepada yang namanya “iman”. Namun terkadang, iman seseorang itu sifatnya naik turun. Nah, salah satu cara untuk mengecas kembali iman kita, bisa dengan cara menonton atau mendengarkan kajian-kajian keislaman dari Ustadz-ustadz Indonesia, seperti kajian Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Felix Siauw, dan masih banyak lagi. Untuk mendengarkan kajian-kajian mereka, kita tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke tempatnya, karena kajian-kajian mereka sudah sangat mudah diakses melalui saluran YouTube maupun Instagram. Kita cukup duduk di kamar kita, sambil mendengarkan motivasi dan nasihat-nasihat yang disampaikan, Insya Allah, selama diam diam di rumah tidak membuat semangat semakin menurun.

6. Perawatan Wajah

Maskeran seolah menjadi kegiatan wajib bagi sebagian wanita. Selama di rumah tentunya kulit kita menjadi jarang terkena sinar matahari maupun polisi. Nah, ini merupakan kesempatan bagi kita sebagai wanita untuk merawat diri dan wajah.

7. Menulis

Bagi kamu yang hobi menulis, tentunya menulis bisa menjadi pengisi waktu agar waktu tak terbuang sia-sia. Kamu bisa menulis beberapa cerita pendek atau puisi. Kamu pun bisa mengirimkan nya ke situs pribadimu. Selain itu kamu juga bisa mencari informasi terkait lomba-lomba menulis di internet. Jangan takut untuk ikut sertakan tulisanmu pada lomba tersebut. Mencoba saja dulu.

8. Mengembangkan Hobi

Nah bukan hanya kegiatan diatas, kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa kita lakukan selama di rumah adalah dengan mengembangkan hobi. Misalnya kamu hobi membuat video atau sebuah konten, kamu bisa merekam aktivitas menarik yang ada di sekitar rumah kemudian mengeditnya sehingga menarik. Selain itu, banyak juga kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa kamu asah selama kita di rumah.

Demikian lah tips agar selama kita di rumah menjadi bermanfaat dan tidak membosankan. Semoga kita bisa sama-sama memanfaatkan waktu karantina mandiri ini untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Mari kita bantu lindungi Indonesia dari virus Corona yang tengah melanda ini dengan cukup berdiam diri di rumah.
(Yusi/MARWAH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*