Dosen STID Mohammad Natsir Ikuti Training Optimalisasi Google Scholar

STIDNATSIR.AC.ID – Digitalisasi tren dunia akademik selain menawarkan kemudahan dan kecepatan aksesibilitas, namun juga memacu para akademisi meningkatkan kemampuannya di sektor digital. Untuk menjawab itu, Dosen STID Mohammad Natsir mengikuti Training Optimalisasi Google Scholar untuk Author yang dilaksanakan pada Rabu (10/6/20) di Kampus Putra STID Mohammad Natsir, Bekasi.

Pelatihan ini dipandu oleh Kepala Teknologi Riset Universitas Islam Asy Syafi’iyah Jakarta, Ishlahuddin, S.Sy. Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini, para dosen dapat mengakses dan mengindekskan jurnal penelitiannya ke dalam Google Scholar.

Ia mengatakan, Google Scholar adalah platform pengindeksan suatu sitasi dan publikasi penelitian. Di sisi lain Google Scholar dapat memberikan kemudahan dalam memberikan referensi data bagi akademisi (dosen dan mahasiswa).

Dalam pelatihan ini, beliau mempraktikan langkah – langkah memaksimalkan Google Scholar, mulai membuat akun Gmail, mengisi biodata, penetapan keyword dan seterusnya.

“Membuat keywords juga ada caranya, semakin spesifik dan familiar maka akan semakin mudah (jurnal) ditemukan oleh orang lain, ” terangnya.

Para dosen juga mempraktikan sesuai arahan, dan berkonsultasi apabila terdapat kesulitan. Namun sebagian dosen terpaksa tidak dapat menghadiri pelatihan ini, disebabkan pandemi covid 19 yang masih membatasi mobilitas pergerakan dan regulasi penggunaan ruangan oleh 50% kapasitas normal. Adapun peserta pelatihan Google Scholar ini tetap berusaha mengikuti protokol kesehatan dan penyebaran Covid 19 dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Google Scholar menawarkan banyak kemudahan bagi kalangan akademisi seperti kemudahan akses sehingga tidak harus datang ke perpustakaan fisik yang terikat jam operasional tertentu. Kemudian pencarian yang cepat, hanya beberapa detik saja kita dapat memperoleh data yang kita inginkan tanpa harus keluar ruangan. Selain itu, juga menjadi media publikasi yang murah.

Google Scholar juga terintegrasi dengan Science and Technology Index (SINTA) sehingga memberikan manfaat tersendiri untuk dosen, karena data karya dosen dapat terdokumentasikan secara lengkap dan memudahkan dosen untuk mengurus kepangkatan. [FR]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*