Berencana Bangun Desa Binaan Da’wah, Dewan Da’wah, LPM dan Prodi PMI Survei Lokasi

STIDNATSIR.AC.ID – Dewan Da’wah, LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) dan Ketua Prodi PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) STID Mohammad Natsir melakukan survei lokasi Desa Binaan di Kampung Bagedor, Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, kab. Bekasi, pada Rabu, (24/6/20).

Turut hadir Ketua Bidang Da’wah Dewan Da’wah, Ustadz Dr. Misbahul Anam, MA., Ketua LPM STID Mohammad Natsir, Ustadz Mohammad Firdaus, M.Kom.I., Ketua Prodi PMI STID M Natsir, Ustadz Salman Al-Farisi, M.Kom.I., dan Sekretaris LPM, Ustadz Andi Marwan, S.Sos. Setibanya di lokasi mereka disambut oleh salah seorang da’i Dewan Da’wah Alumni STID Mohammad Natsir, Ustadz Daim Sunandar, S.Sos.

Ustadz Daim merupakan da’i Alumni STID Mohammad Natsir yang sebelumnya bertugas di Pulau Seram Maluku, kemudian mengabdikan dirinya bersama keluarga berdakwah di kampung halamannya, Bagedor, Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong.

Ketua Bidang Da’wah Dewan Da’wah, Ustadz Misbahul Anam mengatakan, tidak banyak da’i Dewan Da’wah yang kembali ke kampung halamannya membina masyarakat di sana, lebih banyak yang melanjutkan dakwahnya di perkotaan. Ia berharap, kelak di tempat ini tumbuh kader-kader da’i yang dapat melanjutkan estafeta dakwah Ustadz Daim selanjutnya.

“Semoga nanti akan tumbuh da’i-da’i lain dari tempat ini, yang melanjutkan dakwah Ustadz Daim,” ucapnya.

Dosen STID Mohammad Natsir itu juga mengatakan, bahwa sebenarnya rombongan Kafilah Da’wah Akhwat melakukan tugas praktikum dakwah pada bulan Ramadhan kemarin di tempat ini, namun qoddarullah karena pandemi maka ditangguhkan sementara.

Kemudian Ketua LPM STID Mohammad, Ustadz Mohammad Firdaus menambahkan, ke depannya ia berharap ada simbiosis mutualisme, sehingga ada sinergi program antara Da’i, Kampus dan Lembaga.

Ketua Prodi PMI, Ustadz Salman menganjurkan Ustadz Daim agar menyusun Peta Dakwah agar impresi dakwah lebih terstruktur sesuai sasaran.

Selain itu, dalam kunjungan ini pula Ustadz Daim resmi ditetapkan sebagai Da’i Tetap Dewan Da’wah. Dengan ini, diharapkan semakin menambah motivasi dan mobilitas dakwah beliau dalam membina umat di kampung halamannya. Tak hanya meningkatkan pemahaman masyarakat pada agama, nantinya kontribusi Dewan Da’wah dan STID Mohammad Natsir juga akan memajukan taraf ekonomi masyarakat, tentunya dengan andil dari masyarakat setempat. [Suryana]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*