Perdana, Ratusan Mahasiswa dan Mahasiswi Ikuti UAS Genap Daring Serentak

STIDNATSIR.AC.ID – Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir menggelar Ujian Akhir Semester Genap dan Ujian Komprehensif Tahun Akademik 2019-2020 Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Pengembangan Masyarakat Islam secara daring pada Senin (10/8/20).

Ketua STID Mohammad Natsir, Ustadz Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I memberikan sambutan dalam pembukaan UAS Genap tahun ini melalui aplikasi pertemuan daring Zoom dan aplikasi berbagi Video Youtube kepada para mahasiswa dan mahasiswi peserta UAS Genap.

Beliau menyampaikan, tak dapat dipungkiri, Banyak kendala yang terjadi pada proses perkuliahan semester ini, Alhamdulillah dengan kerja keras para tenaga pendidik Kampus, kegiatan belajar dan mengajar dapat dituntaskan.

Mengutip sebuah ayat dari surat Al Baqarah, Dari banyaknya kesulitan, menurut beliau kita mesti memandang sisi positif. “Wa ‘asa an takrohu syay’an wa huwa khiron lakum, Perkuliahan daring menjadi sentilan bagi kita, bisa jadi ada di antara kita yang kurang mensyukuri kuliah tatap muka, ada yang kurang serius dalam perkuliahan tatap muka. Padahal itu nikmat dari Allah.” tuturnya.

Ia melanjutkan, Ujian semester ini jelas berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Dalam perkuliahan daring ini, tentu pengawas tidak dapat mengawasi secara langsung ujian in. Tapi sebagai Da’i ilallah, yang dicari secara esensi bukan nilai di atas kertas, melainkan ilmu yang bermanfaat.

Baginya, tak ada guna nilai yang bagus tanpa taqwa yang tulus, “Salah satu ciri penuntut ilmu yang berhasil adalah yang dapat meningkatkan taqwanya dan takutnya kepada Allah.” pesannya.

Lantas, beliau mengatakan, meskipun jarak memisahkan, namun insyaallah keberkahan senantiasa memberkahi para dosen dan mahasiswa dalam proses pengkaderan ini.

Terakhir beliau secara resmi membuka pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap dan Ujian Komprehensif Tahun Akademik 2019-2020, “Dengan ini, Ujian Akhir Semester Genap dan Ujian Komprehensif Tahun Akademik 2019-2020 resmi dibuka,” ucapnya.

Ketua Pelaksanaan UAS Genap, Ustadz Lukman, M.Pd.I menjelaskan tata tertib pelaksanaan UAS yang relatif berbeda dengan UAS pada biasanya, serta mengingatkan, bahwa dalam mengerjakan soal peserta harus benar-benar amanah, walaupun pengawas ujian tidak dapat melihat secara langsung. Selain itu, bagi mahasiswa yang terkendala sinyal di daerahnya, Dosen akan memahami kondisi mahasiswa di daerah masing-masing.

Pelaksanaan UAS Genap dan Ujian Komprehensif tahun ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi semester 2, 4 dan 6 dimulai sejak tanggal 10 hingga 26 Agustus mendatang, hasil ujian ini dapat menentukan kelulusan mahasiswa dan mahasiswi ke semester berikutnya. [FR]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*