Gelar Ujian Komprehensif, Kampus Ingin Matangkan Karakter Mahasiswa Kader Da’i Ilallah

STIDNATSIR.AC.ID – Mahasiswa dan mahasiswi STID Mohammad Natsir baru saja melaksanakan Ujian Komprehensif yang dilaksanakan selama dua hari pada Selasa dan Rabu (2-3/1) lalu.

Beberapa ruang kelas Kampus Putra STID Mohammad Natsir digunakan sebagai lokasi pelaksanaan ujian ini. Ujian komprehensif ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan mahasiswi semester 1 dan 3. Mahasiswa dan mahasiswi dipanggil satu persatu oleh penguji untuk memasuki ruangan ujian.

Ujian Komprehensif merupakan ujian lisan/wawancara yang dilakukan sebelum Ujian Tulis Akhir Semester yang akan dilaksanakan Senin (7/1) mendatang. Ujian ini merupakan bentuk evaluasi dan pemantauan perkembangan terkait akhlaq, kepribadian, ibadah dan muamalah mahasiswa.

“Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana syakhshiyah (kepribadian) mereka, Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler kampus, ibadahnya serta melihat komitmen mereka dalam pengkaderan,” tutur Ustadz Syuhaidi, M.Pd salah satu tim penguji.

 

Ujian tahap ini sangat penting dan sangat mempengaruhi nasib kelulusan mahasiswa. Prestasi dalam aspek kognitif tidak akan berarti apabila mahasiswa tidak memiliki integritas dan kepribadian yang luhur.

“Jadi syakhshiyahnya yang menentukan dia (mahasiswa-mahasiswi) lulus atau tidak. Apabila gugur (tidak lulus), meskipun ia memiliki nilai kognitif yang di atas rata-rata, maka tidak akan diluluskan,” imbuhnya.

Hal ini dikarenakan salah satu unsur terpenting yang harus dimilki seorang da’i adalah akhlaq dan kepribadiannya. Apalah arti nilai akademik tanpa diimbangi implementasi yang konkret dalam muamalah kesehariannya. []

Reporter: Faris Rasyid

Editor: Saeful R

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*