Gelar Dauroh Lughowiyyah, Bidang Bahasa Kampus Putri Ajak Mahasiswi Pahami Tata Cara Penggunaan Kamus Bahasa Arab

STIDNATSIR.AC.ID – Dalam rangka peningkatan kualitas bahasa Arab Mahasiswi STID Mohammad Natsir, Bidang Bahasa Kampus Putri mengadakan Dauroh Lughowiyah untuk semester IV dengan tema “Kaifa Nastakhdimu Al Ma’aajim al Arabiyyah” bersama Ustadz Arif Abdurrahman Fadhli, Lc, M.S.I, pada Ahad (10/3) di Aula Sakinah, Cipayung, Jakarta Timur.

Di awal acara, Ustadz Arief menyampaikan bahwa kemampuan berbahasa Arab tidak akan mengalami peningkatan jika tidak menggunakan kamus. Kamus bahasa Arab sangat dibutuhkan agar dapat memahami arti kata jama’ dan mufrodnya serta penggunaannya secara benar. Beliau menyarankan mahasiswi untuk menggunakan 3 kamus yaitu : Kamus Al Munawwir, kamus al Wasiith, dan al ‘Ashri.

Ia juga mengajak mahasiswi agar berkomitmen untuk membaca dan menerjemahkan buku-buku berbahasa arab untuk kedepannya, supaya mereka dapat merasakan ‘manisnya’ kamus tersebut.

“Kalo kalian mau menerjemahkan buku-buku berbahasa Arab, baik itu ‘kutaib‘ sekalipun, maka kalian akan merasakan manisnya kamus itu,” imbuhnya.

Sesi berikutnya, beliau mulai menjelaskan tata cara penggunaan kamus yaitu dengan menghilangkan semua huruf tambahan terlebih dahulu seperti ا،ن،ي،ت،ال. Setelah itu, kembalikan huruf ‘illah (ا،و،ي) kepada asalnya jika dia merupakan fi’il mu’tal seperti كان asalnya ك و ن. Terakhir, jika ternyata kata yang hendak di cari dari jenis mudho’af (ّ tasydid) maka dikeluarkan huruf asalnya seperti مدّ menjadi مدد.

Acara ditutup dengan latihan untuk menterjemahkan makna kalimat dengan menggunakan kamus al ‘Ashri, al Munawwir, dan Mahmud Yunus selama 10 menit serta pemberian hadiah bagi mahasiswi yang berhasil mendapatkan makna kalimat yang tepat. []

Reporter : Syarifah Aini

Editor : Faris Rasyid

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*