Menjadi Pembicara dalam Seminar Internasional Al-Qur’an, Syaikh Ahmad Nafi’ Sampaikan Hal Ini

STIDNATSIR.AC.ID – Dosen STID Mohammad Natsir, Syeikh Ahmad Nafi’ Al Mishri menjadi pemateri dalam Seminar dan Pelatihan Internasional Tajwid, Tahsin Qiroat Al Qur’an Bersanad serta Pengambilan Sanad Surat Al-Fatihah dan Ayat Kursi yang digelar di Kampus Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahad (23/12).

Turut hadir pula sebagai pemateri dalam acara yang diselenggarakan di Auditorium Syahida Inn ini, Syaikh Abu Hilyah Najmul Mujahid asal Indonesia dan Syeikh Sayyid Amin asal Mesir

Baca juga: 26 Musyrifah Kampus Putri Ikuti Tes Pengambilan Sanad Al-Fatihah pada Syaikh Ahmad Nafi’ Al-Mishri

Dalam seminar ini Syeikh Nafi’ menjelaskan cara membaca Al-Fatihah dan Ayat kursi huruf demi huruf dengan benar sesuai bacaan Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu, pemateri lainnya menyampaikan kepada peserta mengenai kitab Al Muwadhdhohah surat Al Fatihah karya Syeikh Abu Hilyah, 3 kunci mahir membaca Al Qur’an dan penyempurnaan bacaan. Pelatihan ini menjadi begitu penting karena kesalahan dalam membaca surat Al Fatihah dapat menyebabkan batalnya sholat sebagaimana yang diutarakan Syaikh Abu Hilyah dalam kitab Al Muwadhdhohah.

Setelah mendapatkan materi, para peserta mengikuti praktik pengambilan sasan surat Al- Fatihah dan Ayat Kursi secara individu, dibimbing oleh Syeikh Nafi’ dan Syaikh Abu Hilyah serta turut membantu pula Ustadz Musmardi Afit yang juga Dosen STID Mohammad Natsir selaku pendamping dan penerjemah Syeikh Nafi’ dalam acara tersebut.

Acara seminar dan Pelatihan Internasional ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan. Lebih dari 120 peserta yang mengikuti acara ini berasal dari berbagai instutusi pendidikan Islam. []

Reporter: Musmardi Afit

Editor: Faris Rasyid

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*