Sambut Kedatangan Da’i Pelosok Negeri Alumni STID Mohammad Natsir, Dr. Mohammad Noer Himbau Para Da’i Tetap Dalam Orbit Da’wah

STIDNATSIR.AC.ID – STID Mohammad Natsir menyambut kedatangan para da’i pengabdian alumni STID Mohammad Natsir angkatan 7, yang baru menyelesaikan tugas da’wahnya selama satu tahun di pedalaman, Kamis (1/11) di Kampus Putra STID Mohammad Natsir Bekasi. Secara keseluruhan, ada 74 da’i yang telah menyelesaikan tugas pengabdiannya.

Acara penyambutan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum III Bidang Pendidikan, Dr. Mohammad Noer. Ia menyampaikan, ketika mengabdi di masyarakat pedalaman selama 1-2 tahun, tentu banyak suka dan duka yang ditemui. Seyogyanya, tugas seorang da’i adalah menyikapi pernak-pernik da’wah tersebut dengan bijak.

Ia mengajak kepada para da’i agar tidak keluar dari orbit da’wah, namun tetap konsisten bersama-sama menyingsingkan lengan pakaian dan rela berkotor-kotor untuk meningkatkan da’wah Dewan Da’wah.

“Kita buka bab baru, kembali ke ‘Rumah Besar’ kita. Kami berharap dari satu bab ke bab lainnya ada peningkatan,” ujarnya.

Tahun ini, kata Dr. Noer, Dewan Da’wah mengusung program “Da’i Pulang Kampung” untuk mendaya gunakan da’i-da’i di tempat asalnya masing-masing. Sebagai putra daerah, diharapkan para da’i alumni STID Mohammad Natsir tersebut dapat melebarkan sayap da’wah Dewan Da’wah dengan membuka lembaga pendidikan baru, cabang Dewan Da’wah daerah baru, dan sebagainya, agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat daerahnya.

Bidang Da’wah Dewan Da’wah, Dadi Nurjaman, M. Kom.I menyampaikan, selama para da’i berda’wah di berbagai daerah pedalaman Indonesia, mereka telah menjadi duta Dewan Da’wah yang mengamati dinamika masyarakat di sana.

Ia mengungkapkan, Dewan Da’wah telah tersebar di 30 provinsi di tanah air, namun kinerja beberapa di antaranya masih belum optimal. Maka melalui forum ini, para da’i diharapkan dapat memberi masukan kepada Lembaga, untuk menemukan solusi dalam mengentaskan problematika yang terjadi.

“Kami dari Bidang Da’wah (Dewan Da’wah), ingin menerima input dari kalian. Karena kalian yang mengetahui kondisi di lapangan. Semoga dari peta da’wah yang kalian buat, bisa bermanfaat bagi kami dalam menentukan keputusan ke depannya,” ucapnya.

Acara penyambutan ini, akan berlangsung selama 3 hari hingga Sabtu (3/11) mendatang. Kegiatan acara meliputi; berbagi pengalaman da’wah dari para da’i, pengarahan prospek da’wah, pemberdayaan ekonomi umat, pemetaan minat dan bakat da’i alumni STID Mohammad Natsir, serta penyerahan laporan pengabdian da’wah. []

Reporter: Faris Rasyid

Editor: Saeful R

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*