STID Mohammad Natsir dan Laznas Dewan Da’wah Ikuti Proses Audit Syariah oleh Kemenag RI

STIDNATSIR.AC.ID – Rabu, (10/11/11) STID Mohammad Natsir kedatangan tamu rombongan dari Laznas DDII dan Kemenag RI. Pertemuan yang diadakan di Kampus Putra STID Mohammad Natsir Tambun ini merupakan rangkaian kegiatan audit syariah oleh kementerian agama RI terhadap Laznas Dewan Da’wah yang sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu.

STID Mohammad Natsir sebagai lembaga pendidikan tinggi dimana mahasiswa nya sebagai _asnaf_ dalam zakat yang menerima dana zakat tersebut yang kemudian dibayarkan untuk pendidikan mereka.

Acara yang dihadiri sebanyak 16 orang terdiri dari enam orang sebagai auditor Kemenag RI, empat orang dari Laznas dan lima orang dari STID Mohammad Natsir Alhamdulillah berjalan dg lancar.
Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan kepada STID Mohammad dapat dijawab, demikian data data yg dibutuhkan dapat terpenuhi.

Pertanyaannya tidak hanya sebatas memverifikasi bahwa ada asnaf yg dimaksud oleh Laznas DDII, tetapi juga sumber keuangan kampus. Seperti manajemen pengelolaan keuangan kampus dari dana yang disalurkan oleh Laznas Dewan Da’wah untuk pendidikan, asrama dan pembinaan dan sebagainya.

Bukan hanya masalah penggunaan anggaran, tetapi tim auditor juga bertanya bagaimana mahasiswa melakukan dakwah di tengah masyarakat pedalaman sana. Seperti apa pendekatan yang dilakukan para da’i lulusan STID Mohammad Natsir ini agar dakwah mereka diterima.

Alhamdulillah para da’i dalam melakukan da’wah menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan semasa perkuliahan. Melakukan pendekatan dengan cara bersilaturahmi, pemberdayaan ekonomi masyarakat pedalaman, melakukan pengajaran anak anak, “memegang” sukunya dan lain sebaginya, bahkan tidak sedikit kemudian da’i da’i itu menikahi gadis tempat mereka berdakwah.

Acara audit selesai pada pukul 14.00 WIB lebih dan ditutup dengan berkunjung ke asrama mahasiswa yang merupakan bantuan dari pemerintah yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI periode 2015-2019 Bapak H. Ir. Jusuf Kalla. (Jumroni Ayana)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*