Pelajari Teknik Membaca Efektif, Mahasiswi Ikuti Pelatihan Baca Kilat

STIDNATSIR.AC.ID – Bidang Perpustakaan Kampus Putri STID Mohammad Natsir bekerja sama dengan Komunitas Perpustakaan Akhwat mengadakan pelatihan baca kilat bertemakan Hacks The Way Your Read di Aula Sakinah Kampus Putri STID Mohammad Natsir pada Ahad (14/11/2021) dengan pemateri Ustadz Lukman Ma’sa, M.Pd. I. Beliau merupakan Ketua Prodi KPI Kampus STID Mohammad Natsir.

Pelatihan tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB. Terdapat 40 peserta yang terdiri dari semester III PMI dan beberapa panitia dari Komunitas Perpustakaan. Pelatihan tersebut terbagi menjadi tiga sesi yakni: Sesi Pagi, Siang dan Sore.

Pada Sesi pertama pukul 08.00 WIB, pemateri membuka kegiatan dengan kisah-kisah sukses dari orang-orang yang telah mengikuti kegiatan baca kilat. Salah satunya yakni Cristhine. Berikut ungkapan beliau “Saya bisa menghabiskan 4 buku dalam 5 setengah jam. Yang dari awalnya saya ragu sampai hari ini bisa buat rekor baru dalam hidup saya.”

Kemudian beliau menjelaskan bahwa pelatihan baca kilat adalah sistem membaca efektif dengan memproses informasi 1 halaman/detik dengan pemahaman tinggi mencapai 100 % tujuan membaca.

Selanjutnya, beliau menjelaskan menggunakan slide power point yang menarik, contoh secara langsung, 5 kuis dengan afirmasi-afirmasi positif berpedoman modul baca kilat 3.0 sehingga mahasiswi dapat aktif mengikuti pelatihan tersebut.

Pada sesi kedua pukul 13.00, pemateri melanjutkan beberapa pembahasan. Setelah itu dilanjutkan cara membaca kilat dan praktik pembuatan mind map secara langsung. Semua mahasiswi sudah siap dengan beberapa peralatan kertas HVS dan satu set spidol berwarna dengan buku bacaan Islami sekitar 200-300 halaman.

Meskipun waktu sudah memasuki sore, pelatihan ini masih tetap berlanjut di sesi ketiga pukul 15.40, para mahasiswi sudah bersiap di Aula Sakinah untuk melanjutkan kreatifitas pembuatan mind map.

Di akhir pelatihan, pemateri memberikan semangat dan motivasi dalam membaca dan memperdalami ilmu pengetahuan. Kemudian beliau juga mengajak para mahasiswi agar memiliki target dalam segala sesuatu untuk mencapai cita-cita dan tujuan. Yang lebih menarik, beliau juga menampilkan tabel goals dalam kesehariannya. Sehingga menambah semangat para mahasiswi dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Beliau juga menegaskan bahwa segala sesuatu hanya milik Allah dan kita hanya dapat berusaha sebagai bentuk ikhtiar dalam satu gugusan ayat di surat Al-‘Ankabut Ayat 69 “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”

Alhamdulillah, pelatihan baca kilat terlaksanakan dengan baik dan lancar hingga pukul 15.00 WIB. (Pena Mujahidah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*