SAMBUTAN KETUA STID MOHAMMAD NATSIR Dalam Wisuda ke XI STID Mohammad Natsir

SAMBUTAN

KETUA STID MOHAMMAD NATSIR

Dalam Wisuda ke XI STID Mohammad Natsir

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ ِباللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ , اما بعد

 

Alhamdulillah, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Subhânahu wa Ta’âla, STID Mohammad Natsir di tahun akademik 2021-2022 ini kembali dapat menggelar wisuda sarjana ke XI. Dapat kami laporkan bahwa dalam wisuda kali ini ada sebanyak 90 orang peserta yang terdiri atas 54 wisudawan dan 36 wisudawati dari dua Prodi, yaitu Prodi KPI dan Prodi PMI. Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati sekalian atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dan pengkaderan da’i selama empat tahun di STID Mohammad Natsir. Semoga apa yang sudah didapatkan di Kampus Da’wah ini, dapat diamalkan dan terus dikembangkan di lapangan da’wah nanti dalam rangka memperjuangkan izzul Islâm wal muslimîn.

 

Para hadirin yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla,

Para alumni yang hari ini diwisuda, pekan depan In Syaa Allah akan segera kami kirimkan ke tempat tugas mereka yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Kami perlu sampaikan bahwa jumlah lulusan itu, belum sebanding dengan keperluan da’i di lapangan. Sebagai gambaran, tahun ini ada satu Provinsi yang mengajukan permohonan 41 orang da’i alumni STID Mohammad Natsir kepada Dewan Da’wah. Tentu permohonan itu tidak dapat kami penuhi seluruhnya, mengingat banyaknya permintaan da’i dari daerah-daerah lainnya.

Oleh karena itu, sejak dua tahun yang lalu, atas dorongan dari Pimpinan Dewan Da’wah, kami memberanikan diri terus menambah kuota penerimaan mahasiswa baru. Tahun akademik 2021-2022 ini, kami menerima 276 orang mahasiswa dari 1.140 orang pendaftar. Sehingga diharapkan, dua tahun yang akan datang, lulusan STID Mohammad Natsir yang ditugaskan berda’wah untuk memenuhi keperluan da’i di lapangan dapat bertambah secara signifikan.

 

Para hadirin yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla,

Setelah wisuda ke XI ini, maka jumlah alumni STID Mohammad Natsir bertambah menjadi 746 orang. Jumlah yang banyak dan tentu memiliki potensi besar itu, dikelola oleh Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir. Tentu kami berharap, IKA STID Mohammad Natsir dapat memaksimalkan potensi para alumni tersebut agar memberikan manfaat yang besar baik bagi para alumni sendiri, maupun bagi STID Mohammad Natsir sebagai almamater. Karena itu kami berharap, para alumni yang hari ini diwisuda, dapat berperan aktif dalam program-program Ikatan Alumni secara berkesinambungan. Sehingga ke depan IKA dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi, baik bagi para alumni sendiri, maupun bagi STID Mohammad Natsir.

 

Para hadirin yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla,

Dalam kesempatan yang baik ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada beberapa pihak, yaitu:

  • Kepada Pimpinan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia sebagai yayasan yang menaungi STID Mohammad Natsir, atas kepercayaan dan bimbingannya selama ini. Semoga kami dapat mengelola kepercayaan dan bimbingan yang diberikan tersebut sesuai harapan.
  • Kepada Bapak Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan seluruh jajarannya, yang sudah banyak memberikan bimbingan dan dorongan kepada kami agar pengelolaan di STID Mohammad Natsir menjadi semakin bermutu dan profesional.
  • Kepada Ustadz Dr. Nashirul Haq, Ketua Umum DPP Hidayatullah, atas kesediaannya untuk hadir dan memberikan orasi ilmiyah yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi para wisudawan dan wisudawati, sebagai bekal dalam melaksanakan tugas da’wah di lapangan. Di lapangan da’i Dewan Da’wah seringkali berkolaborasi dengan da’i Hidayatullah. Semoga ke depan hubungan baik ini dapat terus ditingkatkan.
  • Kepada keluarga besar Bapak Dr. Mohammad Natsir, atas dukungannya memberikan izin kepada kami untuk menggunakan nama Mohammad Natsir sebagai nama kampus da’wah ini. Kami akan berusaha keras agar para kader da’i yang dididik di STID Mohammad Natsir dapat meneladani nilai-nilai da’wah dari Bapak Mohammad Natsir.
  • Kepada Laznas Dewan Da’wah Pusat dan Laznas Dewan Da’wah KPZ Tambun atas dukungan dananya selama ini. Demikian juga kepada seluruh donatur yang telah menjadi bagian dari gerakan kaderisasi da’i di STID Mohammad Natsir.
  • Kepada KBIH Dewan Da’wah dan PT Hudaya Safari Travel yang telah ikut serta membantu pendanaan di STID Mohammad Natsir.
  • Kepada Pimpinan Dewan Da’wah Daerah dan Pimpinan ADI di seluruh Indonesia, atas dukungan dan kepercayaannya memasukan kader-kader terbaiknya ke STID Mohammad Natsir. Semoga para kader yang dikirim dapat menjadi penguat dan pelanjut gerakan da’wah bapak-bapak sekalian di daerah masing-masing.
  • Kepada orangtua / wali wisudawan dan wisudawati yang telah mempercayakan pendidikan anak-anaknya kepada STID Mohammad Natsir. Semoga putra dan putri Bapak dan Ibu sekalian senantiasa menjadi anak sholeh dan sholehah yang akan menjadi amal jariyah bagi Bapak dan Ibu sekalian.
  • Kepada seluruh pengelola dan dosen STID Mohammad Natsir, yang selama ini telah memberikan segenap pengabdiannya untuk menjalankan proses kaderisasi da’i di STID Mohammad Natsir
  • Kepada kawan-kawan panitia Wisuda yang telah bekerja keras menyiapkan segala sesuatunya sehingga acara wisuda ini dapat berjalan dengan lancar.
  • Seluruh pihak yang memiliki kontribusi terhadap proses kaderisasi da’i di STID Mohammad Natsir.

 

Semoga kebaikan kita semua dibalas oleh Allah Subhânahu wa Ta’âla. dengan balasan yang melimpah. Terimakasih kami ucapkan, teriring do’a jazaakumullahu khairan katsiran.

 

Para wisudawan dan wisudawati yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla,

Dalam kesempatan yang baik ini, izinkan kami memberikan tiga pesan untuk kalian, sebelum kalian berangkat menunaikan tugas da’wah di lapangan.

 

Pertama, jagalah selalu niat kalian selama berada di jalan da’wah ini, agar tetap ikhlas karena Allah Subhânahu wa Ta’âla. Sebab niat ikhlas inilah yang menjadi kunci keberhasilan da’wah kalian. Jangan pernah terganggu sedikitpun niat ikhlas itu dengan tempat tugas kalian nanti. Keberhasilan da’wah tidak ditentukan oleh tempat tugas kalian. Di pedalaman atau perkotaan, di tepi hutan atau tepi pantai, di timur atau di barat, di kampung halaman atau di tanah rantau, semuanya sama, yang penting jaga niat ikhlas kalian.

 

Kedua, ingatlah selalu visi Kampus Da’wah ini, Menjadi pusat kaderisasi da’i untuk pengembangan da’wah atas dasar iman dan taqwa menuju terciptanya ketahanan umat dan bangsa.” Ada tiga kata kunci dalam visi tersebut :

  • Pusat kaderisasi da’i untuk pengembangan da’wah, artinya kalian semua adalah kader da’i yang disiapkan untuk senantiasa mengembangkan da’wah. Jagalah selalu amanah ini, kapanpun dan dimanapun kalian berada, jadilah seorang kader da’i yang senantiasa berusaha mengembangan gerakan da’wah.
  • atas dasar iman dan taqwa, artinya da’wah yang dikembangkan itu harus selalu didasarkan kepada iman dan taqwa, bukan atas dasar kepentingan pribadi atau golongan.
  • menuju terciptanya ketahanan umat dan bangsa, artinya program-program pengembangan da’wah yang kita lakukan harus selalu memiliki tujuan ganda, yaitu terciptanya ketahanan ummat dan terciptanya ketahanan bangsa. Kita diajari oleh guru-guru kita di Dewan Da’wah bahwa antara kepentingan ummat dan bangsa, Islam dan Indonesia, adalah dua kepentingan yang berada dalam satu tarikan nafas yang sama. Kita tidak pernah memisahkann keduanya.

 

Ketiga, dimanapun nanti kalian ditugaskan, jagalah selalu hubungan kalian dengan orangtua dan para ustadz kalian. Sesibuk apapun kalian nanti, sesusah apapun kuota & sinyal kalian nanti, sempatkan berkomunikasi dengan orangtua dan para ustadz kalian. Mintalah selalu do’a dari mereka untuk keberkahan dan keberhasilan tugas da’wah yang sedang kalian jalankan. Percayalah, mereka tidak mengharapkan balas jasa berupa materi, cukup kalian amalkan ilmu yang sudah mereka ajarkan, maka kalian sudah mengalirkan pahala untuk orangtua dan para ustadz kalian. Inilah cara terbaik membalas jasa-jasa mereka yang amat besar kepada kalian.

 

Para hadirin yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla,

Terakhir kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan ketidaknyamanan selama acara wisuda ini berlangsung.

Semoga Allah Subhânahu wa Ta’âla senantiasa memberkahi kita semua.

 

Jakarta, 22 Rabiul Akhir 1443 H. / 27 November 2021 M.

 

 

Hormat Kami

 

 

 

Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I.

Ketua STID Mohammad Natsir

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*