Berkunjung ke Rumah Kelahiran Pak Natsir

STIDNATSIR.AC.ID – Ketua STID Mohammad Natsir, Dr. Dwi Budiman Assiroji, ikut serta dalam rombongan Rapat Kordinasi Dewan Da’wah tahun 2022 dan Tasyakur 55 tahun Dewan Da’wah di Padang Sumatera Barat. Salah satu rangkain acaranya adalah berkunjung ke rumah kelahiran Mohammad Natsir. Berikut laporannya:

Rumah itu letaknya di pinggir jalan dekat pasar Lembah Gumanti, Alahan Panjang. Warnanya cukup mencolok, didominasi kuning. Di rumah inilah Mohammad Natsir dilahirkan. Namun bukan rumah yang sekarang ada, melainkan rumah sebelumnya yang dibakar penjajah Belanda. Setelah kemerdekaan rumah ini kembali dibangun, persis seperti aslinya.

Demikian keterangan dari Ibu Tuti Murniati binti Sutan Marzuki Bakti Dato’ Rajo Sampono bin Kamal Sutan Rajo Ameh.
Sang Kakek inilah yang berteman dengan Ayah Pak Natsir, Idris Sutan Saripado. Ia pula yang mengajak ayah Pak Natsir untuk tinggal bersama di rumahnya. Maka rumah itu dibagi dua: sebelah kanan untuk keluarga Idris, sebelah kiri untuk keluarga Kamal.
Ketika tinggal di rumah inilah istri Idris melahirkan Pak Natsir.

Ketika Pak Natsir masih kecil, Belanda memerintahkan penduduk mengosongkan rumah mereka. Maka berpisahlah keluarga Idris dan keluarga Kamal. Keluarga Idris kembali ke kampung halaman mereka di Maninjau, sementara keluarga Kamal mengungsi ke daerah pegunungan.
Menuju rumah kelahiran Pak Natsir harus melewati jalan yang membelah perkebunan teh. Hamparan hijau sejauh mata memandang. Berkelok-kelok dan turun naik. Keindahan itu ditutup dengan pemandangan danau atas di tengah-tengah perkebunan teh itu.

Kini rumah itu dicat ulang, dipasang papan petunjuk sebagai rumah kelahiran Pak Natsir dan rencananya akan dibuat museum dan diresmikan oleh Dewan Da’wah dan keluarga Kamal dalam rangkain acara Tasyakur 55 Tahun Dewan Da’wah. Tujuannya agar generasi muda dapat meneladani nilai-nilai da’wah dan perjuangan dari Pak Natsir, Sang Da’i Teladan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*