Mahasiswa Ikuti Ujian Akhir Semester Ganjil, Dr. Dwi Budiman Sampaikan Ini

STIDNATSIR.AC.ID – Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir menyelenggarakan Ujian Akhir Semester Ganjil dan Ujian Komprehensif Tahun Akademik 2021-2022 pada Senin (17/1/22) secara daring dan luring. UAS Ganjil ini diikuti oleh seluruh mahasiswa secara luring di Kampus Putra STID Mohammad Natsir Tambun, sementara mahasiswi sebagian mengikuti secara luring dari Kampus Putri Cipayung dan sebagian lagi mengikuti secara daring dari rumah masing-masing.
 
Dalam pembukaan UAS Ganjil ini, Ketua STID M Natsir, Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I memberikan sambutan sekaligus nasihat kepada seluruh peserta ujian bahwa susah, senang dan lelah yang dirasakan satu semester ini merupakan fase pendewasaan diri dalam menuntut ilmu.
 
Dr. Dwi juga menyampaikan empat rahasia besar dan kunci sukses Amir bin Syurahbil Syahbi dalam menuntut ilmu. Pertama, Meniadakan ketergantungan, sebab sepintar apapun seseorang dia tidak mungkin dapat menguasai ilmu tanpa pertolongan Allah. Kedua, Keliling ke negeri lain untuk mencari ilmu.
 
Saat ini belajar apapun sangat mudah dari berbagai platform digital seperti Youtube, namun jika hanya belajar otodidak tanpa bermulazamah (tatap muka duduk di majelis ilmu), ilmu yang dipelajari tidak akan kokoh. Oleh sebab itu, beliau mengimbau para mahasiswa pada liburan semester ganjil nanti tidak hanya digunakan untuk rekreasi semata. Namun juga untuk menambah maupun mempertajam ilmu ke tempat lain.
 
Kemudian rahasia ketiga ialah, Cekatan seperti cekatannya burung Elang, dengan kata lain tidak berleha-leha. Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, segera mengerjakan pekerjaan yang lain. Dan yang terakhir adalah, Sabar seperti sabarnya benda mati. Karena sabar tidak ada batasnya dan Allah menjanjikan pahala yang tak terbatas bagi orang yang bersabar. Sabar merupakan sikap yang sangat krusial dalam proses menuntut ilmu, tidak hanya saat diberikan ujian kesulitan, namun saat diberikan ujian kemudahan, pujian, kenikmatan, dan sebagainya.
 
Terakhir, Dr. Dwi berharap para mahasiswa dan mahasiswi dapat mengikuti ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan, “Semoga nasihat ini dapat menjadi penyengat di awal masa ujian ini. Bahwa nilai bukan segala-galanya, tetapi nilai tetap suatu yang penting. Berharap seluruh peserta ujian dapat mengikuti ujian dengan baik, dan mendapatkan nilai sesuai usahanya masing-masing.” tutupnya.
 
Ujian Akhir Semester dan Ujian Komprehensif merupakan salah satu proses pengaderan dan evaluasi kinerja belajar mahasiswa selama satu semester baik secara tulis maupun lisan. [FR]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*