Awali Perkuliahan Pasca Liburan, Mahasiswa Ikuti Apel Siaga Da’wah

STIDNATSIR.AC.ID – Mengawali kembali masa perkuliahan semester genap pasca libur Ramadhan, mahasiswa mengikuti Apel Siaga Da’wah yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan dan Dewan Eksekutif Mahasiswa STID Mohammad Natsir pada hari Senin, (23/5/22) di halaman Kampus Putra STID Mohammad Natsir, Tambun.

Ketua DEMA, Afif Hanifan mengatakan selama kita pulang kampung, tentu kita bisa melihat problematika umat di daerah masing-masing. Tentunya sangat variatif. Problema tersebut menjadi tugas da’i untuk memberikan perubahan yang baik. Ia juga mengajak para mahasiswa untuk meningkatkan etos belajar, “Kami mengajak kepada kawan-kawan semua untuk selalu semangat berporses menjadi kader di STID Mohammad Natsir.” ucapnya. Afif juga mensinyalir, DEMA akan mengadakan event Mohammad Natsir Championship yang berisi perlombaan-perlombaan akademik dan non akademik.

Ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Ustadz Lukman, M.Pd.I dalam orasi ilmiahnya menyampaikan selamat datang kembali kepada para mahasiswa di Kampus STID Mohammad Natsir untuk kembali mengarungi masa pengkaderan. Selanjutnya ustadz Lukman menyampaikan makna Taqwa dalam ayat ke 153 dalam surat Al An’am adalah mengharuskan keistiqomahan dan bulan Ramadhan melatih kita menjadi pribadi yang bertaqwa.

Beliau menekankan, dakwah yang kita tempuh adalah dakwah yang berlandaskan ilmu, namun berda’wah tidak bisa hanya mengandalkan keilmuan teoritis belaka. Menilik ayat ke 108 dalam surat Yusuf, bahwa bashiroh yang dimaksud bukan hanya ilmu syar’i, namun juga ilmu tentang teknik da’wah, psikologi da’wah dan lainnya. “Tantangan dakwah akan semakin berat, jika tidak ada kecintaan dalam mencari ilmu, kalian tidak akan dapat melakukan perubahan dalam berdakwah” ujarnya. Terakhir, beliau mengimbau agar memperbarui niat untuk menjadi da’i ilallah dan jujur dengan niat dalam belajar dan berda’wah.

Acara Apel ini diakhiri dengan bersalam-salaman antara para dosen dan staf dengan mahasiswa. Apel Siaga Da’wah merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap beberapa bulan sekali atau ketika awal masuk perkuliahan dengan tujuan untuk meningkatkan kembali semangat belajar dan da’wah kader-kader da’i.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*