Pusdiklat Dewan Da’wah Tambun menjadi Tuan Rumah Rakornas Dewan Da’wah 2023

STIDNATSIR.AC.ID – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, di awal tahun ini Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia kembali akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Pimpinan Dewan Da’wah memutuskan Rakornas tahun 2023 ini akan digelar di Komplek Pusdiklat Dewan Da’wah Tambun Bekasi pada Jum’at-Ahad, 24-26 Februari 2023 M. / 04-06 Syaban 1444 H.

Salah satu tempat yang akan digunakan adalah loby Gedung STID Mohammad Natsir sebagai tempat utama acara Rakornas. Selain unit STID Mohammad Natsir, di Pusdiklat Dewan Da’wah ini juga terdapat unit pendidikan dari SD sampai SMA. Juga terdapat Balai Latihan Kerja (BLK), Rumah Sehat, Darul Aitam dan Minimarket Sahabat Umat. Di komplek ini juga terdapat Masjid Wadhah Abdurrahman Al-Bahr.

Dalam keterangannya, Dr. Ahmad Misbahul Anam, Ketua SC Rakornas menjelaskan bahwa tujuan dipilihnya Komplek Pusdiklat Dewan Da’wah untuk menggelar Rakornas setidaknya ada empat poin, yaitu:

Pertama, mengajak seluruh Pengurus Dewan Da’wah, baik pusat maupun daerah, untuk mensyukuri nikmat Allah atas keikhlasan, pengorbanan dan perjuangan para Pendahulu dalam mengemban amanah menghidup-hidupkan dakwah. “Pusdiklat Tambun merupakan salah satu hasil perjuangan para pendahulu itu”, ujarnya.

Kedua, mengenalkan Pengurus Dewan Da’wah Daerah dan seluruh keluarga besar Dewan Da’wah dengan kegiatan pembinaan kader berupa lembaga pendidikan calon dai. “Sejalan dengan tema Rakornas, mengokohkan Jatidiri Dewan Da’wah Sebagai Lembaga Da’wah dan Pendidikan”, terang Ustadz Misbah yang juga menjabat Wakil Sekretaris Umum Dewan Da’wah ini.

Ketiga, membangun nuansa keakraban antara Pengurus Dewan Da’wah dengan para kader yang sedang mengikuti pendidikan kader da’i di STID Mohammad Natsir.

Keempat, melihat dari dekat bagaimana memberdayakan aset wakaf, alumni, jejaring, dan nilai-nilai da’wah dalam satu kesatuan. “Pada akhirnya kita berharap Rakornas ini menjadi inspirasi bagi Dewan Da’wah Daerah untuk terus mengembangkan da’wah di daerah masing-masing,” pungkas Ustadz Misbah.

Ustdaz Deni Wahyudin, S.Sos.I., Kepala Badan Pengelola (BP) Pusdiklat Dewan Da’wah mengatakan bahwa persiapan tempat Rakornas sudah 90%, “_Alhamdulillah_ dari mulai ruang pembukaan/penutupan, ruang sidang komisi dan ruang penginapan peserta Rakornas, semua sudah kita siapkan,” ujarnya. Pihaknya juga sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada pemerintah setempat.

Ustadz Deni juga menjelaskan bahwa jamaah dan wali murid sangat antusias menyambut gelaran Rakornas ini, “Sampai mereka menyumbang _snack_ selama acara berlangsung,” terangnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*