SAMBUTAN KETUA STID MOHAMMAD NATSIR Dalam Wisuda ke X STID Mohammad Natsir

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ ِباللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ , اما بعد

– Yth. Bapak-bapak anggota Senat STID Mohammad Natsir
Yth. Ibu Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten, Prof. Dr. Amani Lubis
Yth. Bapak Wakil Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya
Yth. Bapak-bapak Pimpinan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia
Yth. Keluarga Bapak Mohammad Natsir
Yth. Bapak dan Ibu para undangan
Yth. Bapak dan ibu orang tua dan wali para wisudawan/wati
Yth. Saudara-saudari wisudawan/wati harapan ummat

Alhamdulillâh pada hari ini, Kamis 09 Jumadil Awwal 1442 H., bertepatan dengan 24 Desember 2020 M., dengan izin Allah Subhânahu wa Ta’âla, kita semua dapat menghadiri Wisuda ke X Program Sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Mohammad Natsir. Dalam wisuda kali ini ada sebanyak 88 orang wisudawan dan 33 orang wisudawati yang diwisuda, sehingga total jumlah wisudawan sebanyak 121 orang.

Wisuda kali ini kita laksanakan dalam suasana Pandemi Wabah Covid-19. Oleh karena itu banyak hal yang harus kita sesuaikan dengan suasana Pandemi ini. Karena itu, kami mohon maaf kepada para tamu undangan juga kepada para wisudawan dan orangtua, jika ada kebijakan kami dalam pelaksanaan wisuda ini yang kurang berkenan bagi Bapak, Ibu dan para wisudawan sekalian. Semua kebijakan itu kami ambil, dengan tujuan untuk menjaga kita semua dari wabah yang penyebarannya terus naik hingga hari ini. Namun demikian, kami berusaha sekuat tenaga agar wisuda ini tetap dapat kita laksanakan dengan penuh makna.

Kepada seluruh wisudawan/wati yang berbahagia, atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika STID Mohammad Natsir, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara dan saudari dalam menyelesaikan studi di STID Mohammad Natsir. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat terus dikembangkan, diamalkan dan dida’wahkan dalam rangka memperjuangkan izzul Islâm wal muslimîn.

Para hadirin yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla

Keberhasilan kami dalam mendidik dan mengkader para mahasiswa dan mahasiswi calon da’i dan da’iyah tersebut, tidak lepas dari dorongan, bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Karena itu, dalam kesempatan yang baik ini, izinkan kami mengucapkan terimakasih, pertama-tama kepada bapak-ibu orang tua dan wali para wisudawan/wati, serta pihak-pihak yang telah memberikan rekomendasi, yang telah mempercayakan putra dan putrinya dididik dan dikader di STID Mohammad Natsir. Kami sampaikan permohonan maaf jika apa yang sudah kami lakukan belum sesuai dengan harapan dari bapak dan ibu sekalian.

Juga kepada Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, sebagai yayasan yang menaungi STID Mohammad Natsir. Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan dan dorongan serta bimbingannya kepada kami selama ini. Semoga kami dapat membalas kepercayaan tersebut dengan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Ucapan terimakasih selanjutnya, kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dan bekerjasama dengan kami. Terkhusus kepada Laznas Dewan Da’wah Pusat dan Laznas Dewan Da’wah KPZ Tambun yang telah mendukung pendanaan program kaderisasi da’i di Kampus da’wah ini. Juga kepada Hudaya Safari Tour & Travel dan KBIH Dewan Da’wah yang juga telah ikut mendukung pendanaan program kaderisasi da’i di kampus kami. Tentu kita berharap, kerjasama ini dapat terus terjalin erat dan terus berkembang di masa yang akan datang.

Selanjutya, kami ucapkan terimakasih kepada BAMUIS-BNI yang telah bekerjasama dengan STID Mohammad Natsir selama 17 tahun dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa kami. Alhamdulillah, awal tahun 2020 kami sudah menandatangani MoU perpanjangan kerjasama dengan BAMUIS-BNI ini. Tentu kami berharap, kerjasama ini akan terus berjalan dan penerima beasiswa akan semakin meningkat.
Semoga Allah Subhânahu wa Ta’âla menjadikan semua kebaikan-kebaikan tersebut sebagai amal jariyah.

Pada kesempatan ini, kami atas nama seluruh civitas akademika juga menyampaikan rasa terimakasih yang tidak terhingga kepada Ibu Prof. Dr. Amany Lubis, Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten, juga kepada Bapak Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, selaku Wakil Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten yang beserta jajarannya senantiasa memberikan arahan dan bimbingan kepada kami, dalam menjalankan dan mengembangkan proses perkuliahan di kampus kami. Semoga ke depan kami dapat lebih memperhatikan arahan-arahan dan bimbingan Kopertais dalam rangka terus meningkatkan kwalitas kampus kami.

Bapak dan ibu yang berbahagia, mengenai perkembangan jumlah mahasiswa STID Mohammad Natsir, kami perlu menjelaskan beberapa hal sebagai berikut; bahwa saat ini, Tahun Akademik 2020-2021, jumlah mahasiswa aktif sebanyak 815 orang, terdiri atas 564 orang mahasiswa dan 251 orang mahasiswi. Sementara jumlah mahasiswa baru yang dapat kami terima tahun ini sebanyak 242 orang dari 1140 orang pendaftar.

Adapun jumlah alumni sampai saat ini adalah sebanyak 528 orang. Dari jumlah tersebut, 75% aktif di struktur Dewan Da’wah, baik di Pusat maupun di Daerah. Sementara 25% tetap aktif berdakwah secara mandiri.

Untuk program pengabdian da’wah, in sya Allah tahun ini kami akan menugaskan 86 orang Da’i dan 32 orang da’iyah ke berbagai daerah. Tema pengabdian tahun ini adalah Da’i Pulang Kampung. Karena itu banyak diantara mereka yang akan ditugaskan di kampung halamannya sendiri. Disamping tetap juga ada yang ditugaskan di daerah pedalaman, perbatasan dan minoritas muslim. Di antara mereka juga akan ada yang ditugaskan di Dewan Da’wah, baik di Pusat maupun di Daerah. InsyaAllah setelah wisuda ini mereka akan segera diberangkatkan. Jumlah ini tentu masih jauh dari harapan umat, sebab semakin hari semakin banyak permintaan da’i yang harus dipenuhi. Semoga ke depan kami dapat terus meningkatkan jumlah alumni kami, sehingga dapat memenuhi permintaan-permintaan da’i dari berbagai daerah. Tentu melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Saudara-saudari wisudawan harapan umat

Harus difahami bersama, bahwa makna wisuda di Kampus Da’wah ini tidak semata-mata acara seremonial belaka, tetapi lebih dari itu memiliki makna yang dalam. Sebab wisuda menjadi gerbang perubahan status saudara, dari seorang calon da’i menjadi da’i yang sesungguhnya. Jika selama kuliah saudara sedang belajar berda’wah, maka kini saudara sudah benar-benar berda’wah. Jika ketika mengikuti program Kafilah Da’wah, saudara dikatakan sedang melakukan praktek da’wah, maka dalam program pengabdian da’wah, saudara sudah benar-benar ditugaskan oleh Dewan Da’wah untuk berda’wah di masyarakat.

Karenanya ingin kami meneruskan kepada saudara-saudari di antara nilai-nilai da’wah Allahyarham Bapak M. Natsir yang sering disampaikan oleh kader-kader beliau:
Bahwa dalam menjalankan gerakan da’wah, ada tiga nilai yang harus senantiasa diusahakan oleh seorang kader da’i, yaitu keikhlasan, keseriusan dan kebersamaan. Tiga nilai da’wah ini dinilai Pak Natsir semakin hari semakin berkurang. Karena itu, sebagai kader penerus, kita harus sama-sama berusaha untuk menjaga dan terus meningkatkan tiga nilai tersebut.
Kemudian, kita pun harus selalu ingat bahwa Pak Natsir sering menyampaikan pesan tentang tiga pilar ummat, yaitu masjid, pesantren dan kampus. Maka itu di lapangan nanti, jadikan ketiga pilar tersebut sebagai pusat da’wah kita dalam rangka membangun kekuatan ummat. Kemudian kita harus berusaha untuk mengintegrasikan ketiga pilar ummat tersebut agar menjadi kekuatan ummat yang kuat. Semoga dengan begitu, kebangkitan Islam akan segera terwujud.

Bapak dan Ibu yang dirahmati Allah Subhânahu wa Ta’âla.

Sebelum kami akhiri sambutan ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengelola dan dosen STID Mohammad Natsir, yang selama ini sudah bekerja keras, ikhlas dan tuntas untuk perkembangan dan kemajuan kampus ini. Demikian juga kepada kawan-kawan panitia Wisuda yang telah bekerja keras menyiapkan segala sesuatunya sehingga acara wisuda ini dapat berjalan dengan lancar. Semoga kebaikan kita semua dibalas oleh Allah Subhânahu wa Ta’âla. dengan balasan yang melimpah.

Terakhir, mari sama-sama kita memohon kepada Allah Subhânahu wa Ta’âla agar para asatidz, kawan dan keluarga kita yang sedang mendapatkan cobaan terjangkit Virus Covid-19 segera disembuhkan. Dan semoga Allah Subhânahu wa Ta’âla segera mengangkat wabah ini dari tengah-tengah kita agar kita dapat kembali melaksanakan kewajiban da’wah sebagaimana sedia kala.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Semoga Allah Subhânahu wa Ta’âla senantiasa melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua, Amin Allaahumma Amin.

Jakarta, 09 Jumadil Awwal 1442 H. / 24 Desember 2020 M.

Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I.
Ketua STID Mohammad Natsir

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*