Bentuk Ikatan Alumni Kampus, Ketua STID Mohammad Natsir Resmi Lantik Pengurus

STIDNATSIR.AC.ID – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir, Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I resmi melantik Pengurus Harian Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir Periode 2021-2023, pada Sabtu (30/1/21) lalu di Ruang Pertemuan Kampus STID Mohammad Natsir. Terpilih sebagai Ketua, Hendriyanto, S.Kom.I., Wakil Ketua, Yahyadin, S.Kom.I., Sekretaris, Amriadi, S.Sos., dan Bendahara, Imam Sarido, S.Sos.I.

Dalam sambutannya, Dr. Dwi menyampaikan bahwa peran Ikatan Alumni sangat penting, selama ini banyak para alumni yang telah berkiprah besar bagi umat dan negara namun terkadang luput dari pantauan sesama alumni, seperti H. Satono, MH yang kini telah diamanahi menjadi Bupati Kabupaten Sambas. Nantinya diharapkan prestasi-prestasi Da’wah alumni, baik di pedalaman maupun perkotaan dapat diorganisir oleh Ikatan Alumni.

Beliau juga mengatakan, Ikatan Alumni juga memiliki peran krusial bagi perkembangan kampus. Sedikitnya ada tiga fungsi dan kontribusi Ikatan Alumni kepada Kampus. Dr. Dwi mengungkapkan, berdasarkan hasil interviu Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru kepada calon mahasiswa, didapati bahwa 70% mahasiswa baru tertarik masuk STID Mohammad Natsir karena melihat aktivitas dai di lapangan. Oleh sebab itu, hal ini ke depannya diharapkan bisa diorganisir dengan baik oleh Ikatan Alumni agar kontribusi alumni dalam rekrutmen peserta didik baru dapat merata di tiap daerah.

Ketua STID Mohammad Natsir, Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I saat memberikan sambutan dalam Pelantikan Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir

Selain itu, para pengurus yang juga merupakan da’i lapangan juga diharapkan dapat memberikan feedback berupa masukan-masukan terkait akademik maupun nonakademik, seperti skill yang diperlukan oleh dai pedalaman. Terakhir, Dr. Dwi berharap, pengurus menjadi jembatan komunikasi antara Alumni dengan Pengurus Dewan Da’wah Pusat dan Daerah. Bagaimanapun da’wah ini memerlukan bimbingan dan nasihat dari para orang tua yang berpengalaman, dan juga berkoordinasi dengan Pemuda Dewan Da’wah untuk menyusun langkah jitu agar tercipta kerjasama yang harmonis.

Selanjutnya, Wakil Ketua II, Bidang Kemahasiswaan, Ustadz Aan Handriyani, M.Ag membacakan Surat Keputusan Pengurus Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir. Kemudian, para pengurus membaca ikrar pengurus dipandu oleh Ketua STID Mohammad Natsir. Ketua Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir terpilih, Ustadz Hendriyanto, S.Kom.I memohon dukungan dan kerjasama kepada seluruh alumni lintas generasi agar bahu-membahu menyukseskan roda kepengurusan ini, serta membutuhkan langkah tepat dan cepat. “Innaalillahi wa innaa ilaihi rooji’uun wa jazaakumullah khairan jaza atas kepercayaan ini dalam menahkodai Ikatan alumni Kampus yang telah membesarkan saya sampai saat ini,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Waket II Bidang Akademik, Ustadz Aan Handriyani, M.Ag saat membacakan SK Pengurus Ikatan Alumni
Ketua Pengurus Ikatan Alumni STID Mohammad Natsir terpilih, Ustadz Hendriyanto, S.Kom.I saat mereka memberikan sambutan

Para pengurus ikatan alumni saat membaca ikrar pengurus dipandu oleh Ketua STID Mohammad Natsir

Selain itu, Ketua Umum Dewan Da’wah, Dr. Adian Husaini, M.Si turut memberikan dukungannya pada pembentukan Ikatan Alumni ini. Dr. Adian menyadari bahwa menjadi da’i adalah peran yang berat. Ada kalanya da’i berada pada kondisi terpuruk semangatnya. “Jadi Da’i itu berat, maka inilah pentingnya ikatan alumni untuk saling mengingatkan untuk menjaga ruh Da’wah antar da’i,” ujarnya.

Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Dr. Adian Husaini saat memberikan tausiyah

Meski acara pelantikan ini digelar terbatas, prosesi pelantikan Pengurus Ikatan Alumni ini berjalan dengan lancar. Turut menyaksikan secara daring, para alumni dari berbagai daerah. Para alumni berharap Ikatan Alumni dapat menjadi wadah konsolidasi dan aspirasi para alumni demi tercipta komunikasi yang baik. [FR]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*