Jelang Libur Ramadhan, Mahasiswi Ikuti Pembekalan

STIDNATSIR.AC.ID – STID Mohammad Natsir mengadakan acara pembekalan virtual sebelum libur Ramadhan dan Idul Fitri yang diikuti oleh seluruh mahasiswi pada Ahad (4/4/21) dan dibersamai oleh Ketua STID Mohammad Natsir Dr. Dwi Budiman Assiroji M.Pd.I. Pembekalan Pra liburan dilaksanakan menjelang libur perkuliahan sebagai bekal da’i menyongsong liburan dan mempersiapkan diri sebelum masa aktif kuliah.

Acara yang dipandu oleh Manajer Bidang Kerumah Tanggaan Ustadzah Juju Peri Dela Sandi, S.Sos ini disiarkan melalui zoom meeting.

Dalam Tausiyahnya, Dr. Dwi Budiman Assiroji M.Pd.I memaparkan beberapa nasihat serta karakter yang harus dimiliki seorang da’i ketika terjun ke lapangan. Menilik pada Qs. Al-Mudatsir ayat 1-5, sekurang kurangnya ada 5 karakter yang harus dimiliki seorang dai antara lain, Mengagungkan Allah, Wa tsiyabaka fathohhir, Maksud dzohirnya ialah Pakaian seorang da’i harus bersih dan maksud yang batin menurut Ibnu Katsir ialah membersihkan jiwa dari kemaksiatan.

Karakter selanjutnya yang harus dimiliki dai adalah Warrujza fahjur yakni Menghindari perbuatan dosa, lalu Walaa tamnun tastakstir, Menurut Ibnu Abbas, tidak mengharapkan suatu pemberian lebih dari apa yang telah diberi. Karakter yang terakhir ialah Wa lirobbika fasbir yaitu Sabar dalam menghadapi tantangan. Menurut Ibnul jauzi sabar yang dimaksud adalah; Sabar dalam Ketaatan, Sabar dalam Maksiat dan Sabar dalam Takdir Allah.

Terakhir, beliau memberikan nasihat kepada seluruh mahasiswi untuk menguatkan kembali tauhid kepada Allah, dengan mengurangi maksiat kepada Nya, serta berlomba lomba dalam melaksanakan ibadah dan menebar kebaikan pada bulan suci Ramadhan ini. (Aat/Marwah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*