Mahasiswi Ikuti Pelatihan Optimalisasi Kamus Bahasa Arab

STIDNATSIR.AC.ID – Bidang Bahasa STID Mohammad Natsir Putri kembali mengadakan Dauroh dengan tema “Kaifa Nastakhdimu Al Mu’jam” atau Bagaimana menggunakan kamus, pada Jum’at, (25/6/21). Dauroh ini adalah dauroh kedua yang dilaksanakan oleh bidang bahasa secara daring via zoom meeting.

Dauroh ini diikuti oleh seluruh mahasiswi semester 2 dan 4. Pemateri daurah ini adalah Ustadz Suhaidi M.Pd. Dalam penyampaiannya, beliau memaparkan mengenai pentingnya seorang pelajar mengetahui bagaimana cara menggunakan kamus bahasa Arab.

Pengertian mu’jam sendiri adalah sebuah kitab yang besar yang terdiri dari lafadz-lafadz bahasa yang terdiri dari 28 bab sesuai dengan abjad yang ada dalam bahasa Arab. Juga memiliki arti sebuah buku yang menghimpun berbagai macam bahasa yang berurutan yang urutannya menjelaskan isi kosa kata.

Ustadz Suhaidi juga memberikan faidah membuka mu’jam dan rekomendasi mu’jam di antaranya seperti, Tahdibul Luqoh, Lisanul Arab, Al-Qomus Almuhith, Al-Mu’jam Alwasith. Di antara faidah membuka mu’jam adalah untuk memahami dan mengetahui makna-makna suatu kata yang berbeda-beda, untuk mengetahui cara memberikan harakat, untuk mengetahui hukum shorof, dan untuk mengetahui jamak dari sebuah kosa kata

Dauroh ini dilaksanakan guna memberikan pengajaran dan pelatihan kepada mahasiswi menggunakan kamus dengan baik dan benar, dan akan sangat berguna untuk kegiatan belajar mahasiwi nantinya. [O]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*