Rahasia Mohammad Natsir Menjadi Tokoh Ummat dan Bangsa

STIDNATSIR.AC.ID –“Mohammad Natsir dalam dunia dakwah, ia dikenang sebagai Sang Maestro Dakwah, sosok yang mempu menyampaikan risalah dakwah secara indah, tegas, dan menggerakkan. Dakwah baginya adalah hal yang harus terus bergulir, meskipun zaman terus berganti. Maka kita selaku pewaris dakwah harus bisa belajar dan meneladani sikap serta menerapkan pemikiran pemikirannya di dalam gerakan dakwah” ungkap Dr. Imam Zamroji dalam webinar Menyongsong 113 Tahun Mohammad Natsir ,Kamis (15/07/21) melalui siaran Zoom Meeting  dan Streaming Youtube Dakho TV.

Acara pelaksanaan webinar ini diselenggarakan dalam rangka  memperingati 113 Tahun Mohammad Natsir dengan pembahasan yang  mengisahkan dan mengupas tuntas nilai-nilai kehidupan Mohammad Natsir sehingga diharapkan dapat memberi motivasi kepada mereka yang mendengar kisah-kisahnya. Dalam penyampaian webinar di sesi kelima ini, pembicara, Dr. Imam Zamroji memaparkan secara singkat dan lugas dengan gaya bicaranya yang khas, tentang kunci dan rahasia sukses Mohammad Natsir menjadi tokoh umat dan bangsa.

Walaupun beliau hanya sebentar berjumpa dengan Pak Natsir yaitu di ujung hidupnya, namun keteladananya sangat begitu berkesan bagi beliau. Apalagi ketika beliau mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal sosok Pak Natsir melalui tesisnya yaitu ‘Pergerakan Dakwah Natsir’

“Sosok Mohammad Natsir sebagai tokoh intelektual, pejuang, ulama, sekaligus negarawan yang sangat berpengaruh terhadap umat dan bangsa, maka kita harus mencetak generasi Natsir selanjutnya, tentu tak akan ada yang bisa sama seperti beliau, tetapi ada upaya dan amanah untuk bisa memelihara generasi generasi pemikiran dan gagasan Natsir, maka harus ditanamkan sedini mungkin, semoga kita terkhusus para kader daiyah bisa meneladani  keteladanan beliau” ucap Dr. Imam menyemangati para mahasiswa.

Berbicara mengenai suksesnya  Pak Natsir dalam gerakan gerakan dakwah, ummat dan bangsa menurutnya pengertian sukses itu ialah tercapainya tujuan hakiki di dalam hidup dan tujuan hakiki yang sebenarnya adalah tercapinya keridhoan ilahi dan nilai ukhrowi lah yang menjadi puncak kebahagiaan yang hakiki, kebahagiaan bisa bertemu menghadap wajah Allah azzawajalla. Dalam hal itu pemahamannya lah yang membawa Pak Natir sukses menjadi tokoh umat dan bangsa yang dihormati, tokoh umat di sini adalah sebagai tokoh agama dan yang dimaksud dengan tokoh agama adalah sebagai tokoh penggerak dakwah, baik secara individu maupun organisasi. Bergerak bersama-sama membangun Indonesia Jaya, keberhasilan sebagai pendiri NKRI dan Mosi Integralnya, sehingga pada tahun 2008 ia disematkan sebagai Pahlawan Nasional. Semoga dua hal penting itulah Allah memberikan pahala berlipat ganda kepadanya.

Maka dari itu dalam konteks inilah kita harus mencari di mana letak rahasia beliau bisa menjadi sosok yang sukses, berpengaruh untuk umat dan  bangsa ini. di sisni kita bisa lihat beberapa potensi yang dimiliki beliau  yaitu : pertama Pak Natsir adalah sosok yang memiliki kecerdasan dan kesungguhan dalam menuntut ilmu, sebagimana yang ada di dalam kitab ta’lim muta’allim bahwa kunci sukses menuntut ilmu adalah memiliki kecerdasan dan kemauan serta semangat dalam menuntut ilmu. Kedua, Pak Natsir dibimbing oleh guru guru yang baik dan ahli di bidangnya, Pak Natsir senantiasa dibersamai oleh guru-guru hebat tokoh umat dan bangsa yang menjadi gerakan pembaharuan, seorang ulama pembangkit semangat angkatan muda di minangkabau dari mereka itulah lahirlah cara baru di indonesia yang berlandaskan Islam, sehingga kita bisa tarik kesimpulan bahwa di dalam proses pendidikan dan pengkaderan itu penting sekali dididik, dibersamai oleh guru-guru yang berkualitas. Supaya bisa mewarisi karakter orang-orang tersebut

Ketiga, rahasia di balik kesuksesan Pak Natsir adalah berasal dari lingkungan keluarganya. Pak Natsir lahir dari sebuah keluarga di daerah Alahan Panjang, keluarga muslim yang sangat taat dalam beragama. Maka tak heran jika sosoknya menjadi tokoh teladan karena beliau lahir dari benih yang dididik dan dibangun dari keluarga yang taat. Kemudian rahasia kesuksesan Pak Natsir yang keempat ialah berawal dari lingkungan surau, pada masa kanak-kanaknya di malam akhir pekan, Pak Natsir tidak tidur di rumah melainkan di surau. Karena surau merupakan arena untuk “pendewasaan” yaitu transisi dari anak anak menjadi dewasa. Beliau kembali kerumah hanya pada waktu makan dan mencuci pakaian saja. Di surau inilah Pak Natsir di gembleng belajar pendidikan agama  kepada gurunya secara mendalam bersama teman temannya, lingkungan dan masyarakat di rumah Pak Natsir juga menjadi bagian hal penting dari tercapainya kesuksesan sebagi tokoh umat dan bangsa ini. Tanah Minangkabau sejak abad 19 merupakan basis utama gerakan pembaharuan dan gerakan islam yang dipelopori oleh kaum Padri. Gerakan ini melahirkan dinamika sosial karena memicu perdebatan intelektual dan polemik keagamaan antara kaum adat dengan tokoh pembaharuan agama. Maka Mohammad Natsir menyaksikan  dan menjadi bagian dari sosial itu sejak masih kanak kanak.

Rahasia sukses kelima Pak Natsir selanjutnya, beliau sangat mengedepankan visi akhirat dan perjuangan. Pada suatu ketika beliau mendapatkan tawaran beasiswa, tetapi karena tawaran itu tidak sesuai dengan visi dan nilai nilai perjuangan nya maka ia menolaknya, ternyata ia lebih tertarik dengan masalah masalah agama dan gerakan gerakan islam, karenanya ia lebih memilih berguru kepada Ahmad Hassan (A. Hassan) dan juga memilih mengikuti kursus menjadi guru, ketimbang mengambil beasiswa yang ditawarkan kepadanya, padahal bila ia mengambil tawaran beasiswa tersebut ia akan mendapat pekerjaan yang  bisa mendapatkan gaji yang tingi dan sangat cukup, tetapi ia menolaknya.

Rahasia Keenam dari kunci sukses Pak Natsir, beliau bertemu dengan Ahmad Hassan seorang tokoh persis yang diakuinya sangat mempengaruhi alam pemikirannya. Perkenalannya dengan A. Hassan itu bukan saja telah memperdalam pengetahuan agama dan kemampuan berbahasa Arabnya. melainkan juga telah menambah keyakinan Pak Natsir untuk memperjuangkan agama Islam.

Selanjutnya, kunci sukses ketujuh Pak Natsir ialah beliau sosok yang sangat begitu perhatian terhadap dunia pendidikan dan kaderisasi. Perhatian terhadap tiga pilar dakwah  (masjid, pesantren dan kampus) sebagai pusat kaderisasi untuk lahirnya pemimpin umat dan Bangsa. Sikap inilah yang menjadi alasan sosoknya diterima di tengah umat. Kemudian kedelapan ia sangat aktif dan terlibat dalam dinamika sosial politik.

Pak Natsir sudah aktif dalam organisasi, mengenai pemikiran politik Islam di Indonesia, maka Mohammad Natsir adalah tokoh yang tidak bisa dikesampingkan. Pemikiran sekaligus perannya bagi Republik Indonesia sedemikian besar dan berpengaruh. Ia adalah seorang ulama, sekaligus politisi ulung yang senantiasa memperjuangkan dakwah Islam dalam segala sektor yang digelutinya, baik secara struktural maupun kultural.

Kesembilan, hebatnya para tokoh pahlawan, sedikit-banyaknya, tak bisa dilepaskan dari peranan cerdas sang istri. Dalam langkah langkah perjuangan, kontribusi mereka bukan saja sebagai pelipur lara, penyirna gulana atau penenang jiwa bagi suami.  Lebih dari itu, mereka juga ikut berkorban sesuai dengan kemampuan maksimal yang dimiliki. Nurnahar, istri Pahlawan Nasional Mohammad Natsir juga besar jasanya bagi perjuangan suaminya. Pak Natsir menikahi Ibu Nurnahar pada tahun 1934 yang mana beliau adalah seorang guru taman kanak-kanak di Pendis. Artinya, selain kontribusi harta, sang istri juga memperbantukan tenaganya untuk perjuangan Natsir dalam dunia pendidikan. Maka sangat disarankan dari itulah seorang pejuang terlebih seorang dai dituntut untuk mencari pasangan yang memiliki visi dan misi perjuangan yang sama, yang sejalan agar ketika berumah tangga nanti dapat diharapkan bisa sama sama berjuang sama sama saling menguatkan di jalan Allah.

“Ingat, di balik lelaki yang hebat ada istri yang hebat juga di belakangnya” tegas Dr. Imam Zamroji kepada seluruh audience.

Kesepuluh, Pak Natsir merupakan sosok yang memadukan fiqhud dalil dan fiqhul wadi, beliau sangat suka sekali mentadaburi Al Quran sambil dengan menelaah tafsir ibnu katsir, fii dzilalil quran dan al furqan,membaca koran,membuat tulisan bahkan ketika beliau mendapatkan sesuatu yang menarik beliau langsung menuliskannya tulisannya banyak mengutip kisah kisah teladan dari generasi  terbaik ummat ini,dan beliau sangat terinspirasi dari keteladanan sahabat bagiamana beliau tidak sukses,orang orang yang menjadi rujukannya adalah tokoh tokoh hebat dan berpengaruh. dan yang terakhir beliau itu rajin membagi tugas.beliau adalah generasi terbaik.

Sebagai penutup, Dr. Imam Zamroji  menyampaikan kunci dan rahasia sukses Pak Natsir yang terakhir, Mohammad Natsir juga dikenal sebagai sosok yang komitmen dalam menjaga aqidah dan persatuan beliau selalu tampil menomor satukan persatuan. Selain itu beliau juga adalah sosok yang komitmen dengan keikhlasan dan kesungguhan, sebagaimana kutipan ayat favorit beliau yang dipajang pada dinding rumahnya yaitu surah Al Ankabut ayat 69, “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”.

Orang-orang yang berjihad karena Allah hanya untuk mencari keridaanNya maka benar-benar akan Allah tunjukkan kepada jalan yang lurus. Jalan yang menuju kepada Allah. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik kepadaNya yakni orang-orang mukmin. Allah akan memberikan pertolongan dan bantuan-Nya kepada mereka.

[Uswah Elamir/Marwah]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*