Bentuk Karakter Muslimah, Bidang Karakter Selenggarakan Dauroh bagi Mahasiswi

STIDNATSIR.AC.ID – Bidang Pembinaan Karakter STID Mohammad Natsir mengadakan Daurah dengan tema “Bila Hilang Rasa Malumu”, pada hari Ahad (20/11/21) dengan pemateri Ustadzah Asmaa Muzayyin, Lc. Daurah ini dilaksanakan secara luring di Kampus Putri Cipayung bagi Mahasiswi yang sudah berada di asrama dan tinggal di sekitar asrama, dan bagi Mahasiswi yang masih berada di rumah mengikuti secara daring.

Tujuan dilaksanakannya daurah ini agar Mahasiswi memahami hakikat rasa malu, dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta membangun kesadaran untuk merasa malu jika melakukan perbuatan yang bertentangan dengan syariat dan ketentuan-Nya.

Dalam daurah ini beliau mengawali materinya dengan mengatakan bahwa seorang perempuan fitrahnya memiliki rasa malu. Malu ada kaitannya dengan iman, seperti sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ، أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً، فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ : لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih, atau enam puluh cabang lebih. Yang paling utama yaitu perkataan Lâ ilâha illallâh, dan yang paling ringan yaitu menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan malu itu termasuk bagian dari iman.” (HR. Muttafaqun alaih)

Dalam hadits tersebut Ustadzah Asma menuturkan bahwa malu itu sebagian dari iman, apabila hilang imannya maka sudah pasti hilang rasa malunya, dan apabila hilang rasa malunya, maka imannya sedang goyah.

Daurah ini merupakan kegiatan luring yang pertama kali diadakan oleh Bidang Karakter Kampus Putri. Setelah pemaparan materi, agenda dilanjutkan dengan penutupan Camp Skripsi, pengenalan Staff Kampus Putri, dan penyambutan Mahasisiwi semester tiga pada pembelajaran luring 2021-2022. (Siti Nur K/MARWAH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*